Langsung ke konten utama

Menerapkan Alur Pemrograman Dengan Struktur Bahasa dan Menulis Kode Pemrogram Sesuai Dengan Aturan dan Sintaks Bahasa Pemrograman

Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran

Indikator KD pada KI pengetahuan

Menjelaskan berbagai tipe data dan sintak penulisan
Menjelaskan variabel dan dan sintak penulisan
Menjelaskan berbagai operator dan sintak penulisan
Menjelaskan ekspresi dan sintak penulisan
Menerapkan berbagai tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan dengan program

Indikator KD pada KI keterampilan

Membuat aplikasi program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta
Membuat aplikasi program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta, operator, ekspresi

Tujuan Pembelajaran

Dengan berdiskusi Siswa mampu Menjelaskan berbagai tipe data dan sintak penulisan, variabel, operator dan ekspresi,
Dengan praktek Menerapkan berbagai tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan dengan program, siswa mampu menalar dan mengkomunikasikan cara menginstalasi sampai dengan menguji hasil instalasi bahasa pemrograman computer.


Uraian Materi

Algortima Runtunan

Algoritma runtunan adalah algoritma yang instruksinya dikerjakan berdasarkan urutan perintahnya. Perintah dikerjakan dari baris paling atas, kemudian baris kedua, baris ketiga, dan seterusnya. Jadi, jika terdapat algoritma dengan urutan perintahnya ditulis seperti berikut :

Perintah 1

Perintah 2

Perintah 3


maka perintah yang dieksekusi atau dikerjakan mula-mula adalah Perintah1, diikuti kemudian Perintah2 dan terakhir Perintah3.

Algortma menghitung luas segitiga

1. Mulai

2. Masukkan nilai jari

3. Hitung Luas = 3.14 * jari*jari

4. Tampilkan Luas

5. Selesai





Contoh Algoritma LuasLingkaran

Deskripsi


luas <- 3.14*jari*jari



Program Pascalnya :

Program LuasLing;


               
var
  jari: integer;
  luas : real;

begin
write('masukan jari-jari'); readln(jari);
luas := 3.14 * jari*jari ;
writeln('Luas Lingkaran :', luas);
end.

Studi Kasus Algoritma Runtutan

Soni mempunyai kelereng sebanyak 15 buah. Jumlah itu 10 buah lebih banyak dari kelereng Adi. Sedangkan Anis memiliki kelereng sebanyak 2 x jumlah kelereng Soni dan Adi. Luki memiliki kelereng sebanyak 5 buah lebih sedikit dari jumlah kelereng Soni, Adi dan Anis. Carilah banyak kelereng Adi, Anis dan Luki, jika diketahui jumlah kelereng Soni.

Identifikasi masalah
Input : banyak kelereng Soni
Output : banyak kelereng Adi, Anis, Luki

Algoritma hitung kelereng

Algoritma HitungKelereng
{Algoritma menghitung kelereng Adi, Anis, dan Luki}

Deskripsi

Read (Ksoni)
Kadi <- Ksoni-10
Kanis <- 2 * (Ksoni + Kadi)
Kluki <- (Ksoni +Kadi + Kanis) -5
Write(Kadi, Kanis, Kluki)
Tabel Penyimpanan Data Algoritma

Perintah                    KSoni       KAdi      KAnis        KLuki                  Output

Readln(Ksoni)           15

KAdi <- Ksoni -10                       5

KAnis <- 2 * (Ksoni + Kadi)                     40

KLuki <-(Ksoni +Kadi+ Kanis) -5                             55

Write(Ksoni, KAdi, KAnis, Kluki)                                                    15,   5,  40,  55


Dari tabel tersebut di atas dapat kita lihat ketika perintah “Readln(KSoni)” dikerjakan (dengan menginput nilai 15) maka nilai variabel KSoni kemudian menjadi 15.

Ketika perintah KAdi  < -  KSoni-10, maka variabel KAdi  langsung terisi dengan
 nilai 5 yaitu (15-10).

Demikian seterusnya. Dengan demikian, jika masukan algoritma Ksoni=15, maka keluaran dari algoritma di atas adalah :   5 40 55 6.

Struktur Percabangan(Kondisi)

- If........then



- If........then ........else.......






- If........then.........else if.......then......else............



- Struktur Case
Struktur case adalah cara lain yang bisa digunakan untuk memilih suatu kondisi tertentu.
Syntax:
Case (var)
Var = …..: hasil =…..
Var = …...: hasil =…..
….
….
Endcase

7. Struktur Algorima Perulangan

- Struktur While........Do :

Perulangan dengan while ..do digunakan selama kondisi (syarat) yang ada pada perulangan benar (terpenuhi)




Keterangan :

Perintah write ‘halo’ akan dilaksanakan selama nilai k < 1, dimana di dalam setiap perulangan nilai k akan bertambah nialainya 1 (satu) sehingga perintah write akan dilakukan sebanyak 10 kali


- Struktur Repeat .......Until:

Perulangan dengan repeat until digunakan selama kondisi belum terpenuhi




Keterangan :

Write (‘halo’) akan dilakukan selama nilai K tidak besar dari 10.

Pada struktur repeat until instruksi yang ada anatara repeat dan until minimal satu kali

proses akan dilakukann karena nilai / syarat dari perulangan terletak di akhir struktur


- Struktur For......to..... Do :
Perulangan dengan struktur for akan dilakukan sesuai dengan jumlah perulangan yang ditetapkan pada struktur for




Pascalnya :

program ulang;

Uses wincrt;

var
  k : integer;

begin
  k := 1;
  for k:=1 to 10 do
     begin
     write ("hello");
     end;
end.

Keterangan :

Write(‘halo’) akan dilaksanakan sebanyak 10 kali sesuai dengan jumlah perulangan yang udah ditetapkan pada struktur For yaitu 1 s/d 10. pada struktur perulangan ini nilai K akan bertambah 1 secara otomatis begitu perintah sampai pada khir perulangan.

Perulangan dengan struktur for dapat dibagi menjadi 2 bagian


1. For menaik
2. For menurun


1. For menaik

- peubah haruslah bertipe sederhana kecuali tipe real
- nilai awal harus lebih kecil atau sama dengan nilai akhir

- pada awalnya peubah diinisialisasi dengan nilai awal. Nilai peubah otomatis bertambah satu setiap kali aksi pengulangan dimasuki, sampai akhirnya nilai peubah sama dengan nilai akhir
- jumlah pengulangan yang terjadi adalah nilai akhir – nilai awal +1


2. For menurun

- peubah haruslah bertipe sederhana kecuali tipe real
- nilai awal harus lebih besar atau sama dengan nilai akhir
- pada awalnya peubah diinisialisasi dengan nilai awal. Nilai peubah otomatis
berkurang satu setiap kali aksi pengulangan dimasuki, sampai akhirnya nilai peubah sama dengan nilai akhir
- jumlah pengulangan yang terjadi adalah nilai awal–nilai akhir +1

Pemrograman Prosedural

Algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah. Ini berarti algoritma adalah proses yang prosedural. Pada program prosedural, program dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri dari atas runtunan (sequence) instruksi yang dilaksanakan satu per satu secara berurutan oleh sebuah pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kondisional. Data yang disimpan di dalam memori dimanipulasi oleh instruksi secara beruntun. Kita katakan bahwa tahapan pelaksanaan program mengikuti pola beruntun atau prosedural.

Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan pemrograman prosedural. Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C/C++ mendukung kegiatan pemrograman prosedural, karena itu mereka dinamakan juga bahasa prosedural. Selain paradigma pemrograman prosedural, ada lagi paradigma yang lain yaitu pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming atau OOP). Paradigma pemrograman ini merupakan trend baru dan sangat popular akhir-akhir ini. Pada paradigma OOP, data dan instruksi dibungkus (encapsulation) menjadi satu.

Kesatuan ini disebut kelas (class) dan instansiasi kelas pada saat run-time disebut objek (object). Data di dalam objek hanya dapat diakses oleh instruksi yang ada di dalam objek itu saja.
Paradigma pemrograman yang lain adalah pemrograman fungsional, pemrograman deklaratif, dan pemrograman konkuren.

Contoh Kasus dan Penyelesaian

1. Menghitung luas dan keliling lingkaran .Proses kerjanya sebagai berikut:
a. Baca jari-jari lingkaran
b. Tentukan konstanta phi = 3.14
c. Hitung luas dan keliling
     L = phi*r*r
     K = 2*phi*r
d. Cetak luas dan keliling

Algoritmanya :

begin
read(r)

phi<- 3.14
L <- phi*r*r
K<- 2*phi*r
write(K,L)
end

2. Menghitung rata-rata tiga buah data
a. Algoritma dengan struktur bahasa Indonesia

- Baca bilangan a, b, dan c
- Jumlahkan ketiga bilangan tersebut
- Bagi jumlah tersebut dengan 3
- Tulis hasilnya

b. Algoritma dengan pseudocode

input (a, b, c)
Jml = a+b+c
Rerata = Jml/3
Output (Rerata)

Pengertian Operasi

Perintah untuk menyimpan suatu nilai dalam variabel disebut operasi (penugasan) atau assignment

Penilaian:


Komentar

  1. hibar riksa xrpl algoritna tuh bisa di pakai apa saja si di kehidupan kita

    BalasHapus
  2. Apakah materi ini berguna dikehidupan kita?

    Muhamad Kamal Muharam XTKJ 1

    BalasHapus
  3. Sendi Setiawan xtkj4 apa saja fungsi algoritma?

    BalasHapus
  4. DERA RIZKI DARMAWAN X TKJ 1

    APA YANG DI MAKSUD DENGAN STRUKTUR CASE

    BalasHapus
  5. Apakah pelajaran ini berguna kehidupan kita nanti ?

    Attsal Farrel putra syarif XTKJ 4

    BalasHapus
  6. Daffa muhammad supriyatna Tkj-4
    Apa yang dimaksud Paradigma pemrograman???

    BalasHapus
  7. REIGA MUHAMAD RADITH X-TKJ 1 KAPAN TUGAS NYA AKAN DI KELUAR KAN PA

    BalasHapus
  8. Apa itu pascal dan fotran

    ALDI FIRMANSYAH S X TKJ 4

    BalasHapus
  9. Dwi Rahmat Dino X TKJ-2
    "Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan kondisional"
    Percabangan kondisional itu maksudnya apa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Pencabangan Kondisional

      Hapus
  10. shafadhiya123@gmail.com3 November 2020 pukul 08.29

    Nama : Shafa Dhiya ulhaq A
    Kelas : X-Tkj 1
    Pertanyaan : Apa yg di maksud algoritma perulangan?

    BalasHapus
  11. muhammad faldiaz pratama,x-tkj 2
    apa fungsi algoritma dalam kehidupan sehari hari?

    BalasHapus
  12. Dea herdiyanti,X-Tkj-1
    Apa yg dimaksud struktur percabangan?

    BalasHapus
  13. Rachmat Permana X-Rpl
    Apakah belajar algoritma kita harus jago dalam berbahasa Inggris?
    Dan cara Memperaktekan algoritma yg bener tuh kaya gimn?

    BalasHapus
  14. Ammelya aztiannisa X TKJ 2

    Apakah fungsi algoritma di dalam komputer dan mengapa kita para siswa harus mempelajarinya?

    BalasHapus
  15. Nama : aldi pratama X TKJ 1

    Seberapa penting algoritma dalam penyelesaian masalah program

    BalasHapus
  16. Nama: Fauzan Maulana Mustofa
    Kelas: X RPL

    Pada struktur algoritma perulangan, apa yang dimaksud dengan nilai K?

    BalasHapus
  17. Nama : Anjar Hidayah
    Kelas : X-RPL
    Kalo struktur for dalam algoritma perulangan untuk apa ya?

    BalasHapus
  18. Nama:Nadya gita aprilya
    Kelas:X TKJ 4
    Apa itu bahasa fortran dan cobol?

    BalasHapus
  19. Nama:Andhika Razzak
    Kelas:X TKJ4
    Apa itu nilai K? di struktur algoritma perulangan

    BalasHapus
  20. Imam Laduni X-RPL
    Seberapa jauh pengaruh dan manfaat algoritma dalam kemajuan teknologi dan hidup kita?

    BalasHapus

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar

Postingan populer dari blog ini

Fase Fase Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka SMK

Kurikulum ‘Merdeka’ membagi pendidikan   ke dalam beberapa fase  Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing fase: Fase A : Diperuntukkan bagi siswa kelas 1 dan 2 SD. Pada fase ini, fokusnya adalah pada pengembangan dasar-dasar literasi dan numerasi, serta pengenalan lingkungan sekitar. Fase B : Diperuntukkan bagi siswa kelas 3 dan 4 SD. Siswa mulai memperdalam literasi dan numerasi, serta mulai mengenal konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran seperti sains dan sosial. Fase C : Diperuntukkan bagi siswa kelas 5 dan 6 SD. Pada fase ini, siswa mulai mempelajari materi yang lebih kompleks dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mulai mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Fase D : Diperuntukkan bagi siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP. Siswa mulai mempersiapkan diri untuk pendidikan menengah atas dengan mempelajari materi yang lebih spesifik dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mengembangkan keterampilan akademik dan non-akademi...

TOKO ONLINE - Tahapan membuka jualan online

A. Persiapan  Hal hal yang peru disiapkan untuk  berjualan secara online, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda siapkan: Produk atau Layanan : Tentukan produk atau layanan apa yang ingin Anda jual. Pastikan ada permintaan di pasar dan produk Anda unik atau memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor. Riset Pasar : Pelajari tren pasar dan target audiens Anda. Pahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen yang menjadi target Anda. Platform Penjualan : Pilih platform penjualan online yang sesuai, seperti marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak), media sosial (Instagram, Facebook), atau website e-commerce sendiri. Branding dan Identitas Visual : Buat branding yang kuat, termasuk nama toko, logo, dan estetika visual yang konsisten. Hal ini membantu dalam membangun kepercayaan dan pengenalan merek. Konten Produk : Siapkan deskripsi produk yang menarik dan informatif, serta foto produk yang berkualitas tinggi. Konten yang baik dapat menarik perhatian dan meningkatkan k...

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...