Langsung ke konten utama

Menerapkan dan Membuat Program Sesuai Konsep Polimorphisme Dengan Overloading dan Overiding

Indikator Pencapaian Kompetansi dan Tujuan Pembelajaran

IPK Pengetahuan

  1. Menjelaskan konsep polymorphism dengan overloading dan overriding dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  2. Menjelaskan prosedur polymorphism dengan overloading dan overriding dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  3. Menerapkan prosedur polymorphism dengan overloading dan overriding dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek

IPK Keterampilan

  1. Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan polymorphism dengan overloading dan overriding dalam melindungi data dan informasi.
  2. Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan polymorphism dengan overloading dan overriding.
  3. Menguji program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan polymorphism dengan overloading dan overriding.

TujuanPembelajaran

  1. Setelah melalui kegiatan diskusi, menggali informasi, presentasi dan tugas praktek diharapkan peserta didik akan dapat :
  2. Siswa dapat Menjelaskan konsep polymorphism dengan overloading dan overriding dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan benar.
  3. Siswa dapat Menjelaskan prosedur polymorphism dengan overloading dan overriding dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  4. Menerapkan prosedur polymorphism dengan overloading dan overriding dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik
  5. Siswa dapat merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan polymorphism dengan overloading dan overriding dalam melindungi data dan informasi dengan baik.

Materi Kegiatan Pembelajaran

POLYMORPHISM 

merupakan salah satu konsep penting dalam object oriented programming (OOP) khususnya di bahasa pemrograman Java setelah abstraction dan inheritance. Polymorphism berarti banyak bentuk. 

Ada beberapa definisi berbeda tentang polymorphism yang berkaitan dengan pemrograman berorientasi obyek. Sedangkan apa yang dimaksud dengan polymorphism sendiri, sebenarnya sulit untuk didefinisikan. Sejalan dengan contoh yang diberikan, Anda diharapkan dapat mengerti dan memahami konsep polymorphism itu sendiri.

Polymorphism sering dikaitkan dengan penggunaan lebih dari satu metoda dengan nama sama. Penggunaan metoda dengan nama sama dapat diterapkan dengan method overloading dan method overriding. Peran polymorphism sebenarnya tidak terbatas hanya pada hal tersebut. Ada keterkaitan antara polymorphism dan inheritance (turunan).

Dalam konsep turunan, saat obyek dari subclass dikonstruksi, obyek dari superclass juga ikut dikonstruksi. Jadi setiap instance dari subclass adalah juga instance dari superclass. Apabila Anda mendeklarasikan metoda dengan parameter dari tipe superclass, Anda diperbolehkan untuk memberi argumen berupa obyek subclass yang merupakan turunan dari superclass tersebut.

Berikut ini adalah contoh program yang dapat memberikan gambaran berkaitan dengan konsep polymorphism. Perlu dipahami dan dimengerti bahwa kelas Object merupakan akar dari semua kelas Java dan menduduki puncak tertinggi dalam hirarkhi kelas. Program akan mendefinisikan kelas yang berkaitan dengan bidang datar secara sederhana termasuk beberapa kelas turunannya (kelas PersegiPanjang dan Balok) dan membatasi hanya pada penerapan method overriding.

Contoh Listing Program :

// Nama file : Polimorphism.java

// Contoh penerapan konsep polimorphism



public class Polimorphism {
    public static void main(String[ ] args) {

        cetakObyek(new Balok());
        cetakObyek(new PersegiPanjang());
        cetakObyek(new BangunDatar());
        cetakObyek(new Object());

    }

public static void cetakObyek(Object obyek) {
System.out.println(obyek);
}

} // Akhir kelas Polimorphism
    
 
class Balok extends PersegiPanjang {
public String toString() {
return "Mempunyai sisi panjang, lebar dan tinggi";
}
}

class PersegiPanjang extends BangunDatar {
public String toString() {
return "Mempunyai sisi panjang dan lebar";

}
}

class BangunDatar extends Object {

public String toString() {
    return "Mempunyai berbagai bentuk";
}

}

Output Program :

Tugas / Kegiatan Pembelajaran

Salin dan jalankan program di atas dan tampilkan output programnya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fase Fase Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka SMK

Kurikulum ‘Merdeka’ membagi pendidikan   ke dalam beberapa fase  Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing fase: Fase A : Diperuntukkan bagi siswa kelas 1 dan 2 SD. Pada fase ini, fokusnya adalah pada pengembangan dasar-dasar literasi dan numerasi, serta pengenalan lingkungan sekitar. Fase B : Diperuntukkan bagi siswa kelas 3 dan 4 SD. Siswa mulai memperdalam literasi dan numerasi, serta mulai mengenal konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran seperti sains dan sosial. Fase C : Diperuntukkan bagi siswa kelas 5 dan 6 SD. Pada fase ini, siswa mulai mempelajari materi yang lebih kompleks dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mulai mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Fase D : Diperuntukkan bagi siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP. Siswa mulai mempersiapkan diri untuk pendidikan menengah atas dengan mempelajari materi yang lebih spesifik dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mengembangkan keterampilan akademik dan non-akademi...

TOKO ONLINE - Tahapan membuka jualan online

A. Persiapan  Hal hal yang peru disiapkan untuk  berjualan secara online, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda siapkan: Produk atau Layanan : Tentukan produk atau layanan apa yang ingin Anda jual. Pastikan ada permintaan di pasar dan produk Anda unik atau memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor. Riset Pasar : Pelajari tren pasar dan target audiens Anda. Pahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen yang menjadi target Anda. Platform Penjualan : Pilih platform penjualan online yang sesuai, seperti marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak), media sosial (Instagram, Facebook), atau website e-commerce sendiri. Branding dan Identitas Visual : Buat branding yang kuat, termasuk nama toko, logo, dan estetika visual yang konsisten. Hal ini membantu dalam membangun kepercayaan dan pengenalan merek. Konten Produk : Siapkan deskripsi produk yang menarik dan informatif, serta foto produk yang berkualitas tinggi. Konten yang baik dapat menarik perhatian dan meningkatkan k...

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...