Langsung ke konten utama

Menerapkan Konsep Pewarisan dan Membuat Hubungan Antara Class Dengan Pola Pewarisan

Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran

IPK Pengetahuan

  1. Menjelaskan konsep dan tujuan proses pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  2. Menjelaskan prosedur pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  3. Menjelaskan keterkaitan antara class dan pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  4. Menerapkan prosedur pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek
  5. Membuat hubungan antara class dengan pola pewarisan

IPK Keterampilan

  1. Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan pewarisan dalam melindungi data dan informasi.
  2. Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan pewarisan.
  3. Menguji program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan pewarisan.

TujuanPembelajaran

Setelah melalui kegiatan diskusi, menggali informasi, presentasi dan tugas praktek diharapkan peserta didik akan dapat :

  1. Siswa dapat Menjelaskan konsep dan tujuan proses pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  2. Siswa dapat Menjelaskan prosedur pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  3. Siswa dapat Menjelaskan keterkaitan antara class dan pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  4. Menerapkan prosedur pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik
  5. Siswa dapat Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan pewarisan dalam melindungi data dan informasi dengan baik.

Materi Kegiatan Pembelajaran


INHERITANCE

Pewarisan (Inheritance) merupakan sifat dalam bahasa berorientasi objek yang memungkinkan sifat-sifat dari suatu kelas diturunkan ke kelas lain.

Sistem OOP /PBO memungkinkan kita untuk mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.

Penurunan sifat ini bisa dilakukan dilakukan secara bertingkat-tingkat, sehingga semakin ke bawah maka kelas tersebut semakin spesifik.

Pewarisan memberikan atau mewariskan sesuatu kepada keturunan berikutnya. misalnya, seorang anak pasti akan mewarisi beberapa sifat atau perilaku yang dimiliki oleh ibu/bapaknya. dalam konteks ini, suatu kelas dalam program dapat diturunkan menjadi kelas-kelas baru lainnya yang akan mewarisi beberapa sifat atau perilaku dari kelas induknya.

Sebagai contoh, apabila anda memiliki kelas A dalam program yang anda buat maka anda dapat membentuk kelas-kelas turunan dari kelas A tersebut(Misalnya, kelas B) yang mewarisi sifat-sifat yang terkandung dalam kelas A. dalam proses pembuatan kelas turunan tersebut, Anda dapat menambahkan sifat dan perilaku baru ke dalam kelas B, yang sebelumnya tidak dimiliki dalam kelas A.

Dalam terminologi java, kelas induk dinamakan dengan superclass dankelas turunan dinamakan dengan subclass. untuk membuat kelas anak atau kelas turunan berdasarkan class yang ada, anda dapat menggunakan kata kunci extends.keterangan : extends artinya diturunkan.






 Contoh Listing Program :

program induk kakek.java


/**
* @(#)kakek.java
*
*
* @author
* @version 1.00 2020/10/10
*/

//program induk kakek.java

public class kakek

{
protected String namekakek;
protected String address;
public kakek()

{
System.out.println("\n Program Demo Inheritance");
System.out.println("============================");
System.out.println(" Masukan construktor kakek ");
System.out.println("–Dijalankan oleh class Bapak–");

namekakek="Abu Bakar";
address="Arab Saudi";

}

public kakek(String name,String address)
{
this.namekakek=namekakek;
this.address=address;
}

public String getName()

{
return namekakek;
}

public String getAddress()
{
return address;
}

}

program anak/turunan:

program bapak.java

public class bapak extends kakek
{
    protected String namebapak;
    protected String addressbapak;
    public bapak()
    {
        System.out.println(“Nama Kakek :”+namekakek);
        System.out.println(“Address kakek :”+address);
        System.out.println(“\n”);
        System.out.println(” Masukan Construktor Bapak “);
        System.out.println(“—-dijalankan class cucu—-“);
        namebapak=”Ridho Saputra”;
        addressbapak=”Yogyakarta”;
        }
        public bapak(String namebapak,String addressbapak)
        {
            this.namebapak=namebapak;
            this.addressbapak=addressbapak;
        }
        public String getNama()
        {
            return namebapak;
        }
        public String getAddress()
        {
            return addressbapak;
        }
        public static void main(String []args)
        {
            bapak sari=new bapak();
        }
}

program cucu.java

public class cucu extends bapak
{
    public cucu()
    {
        System.out.println(“Nama Bapak  :”+namebapak);
        System.out.println(“Address Bapak :”+addressbapak);
    }
    public static void main(String []args)
    {
        String namacucu;
        cucu lagan=new cucu();
        System.out.println(“\nSaya adalah CUCU”);
        System.out.println(“Nama Saya : Samuel”);
        System.out.println(“”);
    }
}

jika ingin menjalankan program datas makan kita perlu mengkompile terlebih dahulu class kakek.java, jangan di run karena main programnya terdapat dalam class bapak.java dan cucu.java.

jika kita menjalankan class bapak maka akan seperti berikut tampilannya:

 Sumber:https://aiairositawati.wordpress.com/2017/01/07/enkapsulasi-inheritas-polimorphisme-package-pada-pbo/

Tugas / Penilaian

1. Salin  contoh program di atas dalam 3 file, kakek,bapak, dan cucu dengan aplikasi JCreator.
2. Jalankan program di atas dengan cara menjalankan/mengcompile file kakek, bapak dan cucu
3. Panggil program kakek dan program cucu.


Output:

program bapak 


Catatan:
1. Apabila program kakek dijalankan akan muncul error:

 
Error: Main method not found in class kakek, please define the main method as:
   public static void main(String[] args)or a JavaFX application class must extend javafx.application.Application

Ini disebabkan tidak ada  main method program (tak ada program pemanggilana).

out put program cucu



2. Apabila muncul error, ganti tanda petiknya dengan "

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fase Fase Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka SMK

Kurikulum ‘Merdeka’ membagi pendidikan   ke dalam beberapa fase  Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing fase: Fase A : Diperuntukkan bagi siswa kelas 1 dan 2 SD. Pada fase ini, fokusnya adalah pada pengembangan dasar-dasar literasi dan numerasi, serta pengenalan lingkungan sekitar. Fase B : Diperuntukkan bagi siswa kelas 3 dan 4 SD. Siswa mulai memperdalam literasi dan numerasi, serta mulai mengenal konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran seperti sains dan sosial. Fase C : Diperuntukkan bagi siswa kelas 5 dan 6 SD. Pada fase ini, siswa mulai mempelajari materi yang lebih kompleks dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mulai mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Fase D : Diperuntukkan bagi siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP. Siswa mulai mempersiapkan diri untuk pendidikan menengah atas dengan mempelajari materi yang lebih spesifik dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mengembangkan keterampilan akademik dan non-akademi...

TOKO ONLINE - Tahapan membuka jualan online

A. Persiapan  Hal hal yang peru disiapkan untuk  berjualan secara online, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda siapkan: Produk atau Layanan : Tentukan produk atau layanan apa yang ingin Anda jual. Pastikan ada permintaan di pasar dan produk Anda unik atau memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor. Riset Pasar : Pelajari tren pasar dan target audiens Anda. Pahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen yang menjadi target Anda. Platform Penjualan : Pilih platform penjualan online yang sesuai, seperti marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak), media sosial (Instagram, Facebook), atau website e-commerce sendiri. Branding dan Identitas Visual : Buat branding yang kuat, termasuk nama toko, logo, dan estetika visual yang konsisten. Hal ini membantu dalam membangun kepercayaan dan pengenalan merek. Konten Produk : Siapkan deskripsi produk yang menarik dan informatif, serta foto produk yang berkualitas tinggi. Konten yang baik dapat menarik perhatian dan meningkatkan k...

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...