Langsung ke konten utama

Menerapkan Konsep Pewarisan dan Membuat Hubungan Antara Class Dengan Pola Pewarisan

Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran

IPK Pengetahuan

  1. Menjelaskan konsep dan tujuan proses pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  2. Menjelaskan prosedur pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  3. Menjelaskan keterkaitan antara class dan pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  4. Menerapkan prosedur pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek
  5. Membuat hubungan antara class dengan pola pewarisan

IPK Keterampilan

  1. Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan pewarisan dalam melindungi data dan informasi.
  2. Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan pewarisan.
  3. Menguji program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan pewarisan.

TujuanPembelajaran

Setelah melalui kegiatan diskusi, menggali informasi, presentasi dan tugas praktek diharapkan peserta didik akan dapat :

  1. Siswa dapat Menjelaskan konsep dan tujuan proses pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  2. Siswa dapat Menjelaskan prosedur pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  3. Siswa dapat Menjelaskan keterkaitan antara class dan pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  4. Menerapkan prosedur pewarisan dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik
  5. Siswa dapat Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan pewarisan dalam melindungi data dan informasi dengan baik.

Materi Kegiatan Pembelajaran


INHERITANCE

Pewarisan (Inheritance) merupakan sifat dalam bahasa berorientasi objek yang memungkinkan sifat-sifat dari suatu kelas diturunkan ke kelas lain.

Sistem OOP /PBO memungkinkan kita untuk mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.

Penurunan sifat ini bisa dilakukan dilakukan secara bertingkat-tingkat, sehingga semakin ke bawah maka kelas tersebut semakin spesifik.

Pewarisan memberikan atau mewariskan sesuatu kepada keturunan berikutnya. misalnya, seorang anak pasti akan mewarisi beberapa sifat atau perilaku yang dimiliki oleh ibu/bapaknya. dalam konteks ini, suatu kelas dalam program dapat diturunkan menjadi kelas-kelas baru lainnya yang akan mewarisi beberapa sifat atau perilaku dari kelas induknya.

Sebagai contoh, apabila anda memiliki kelas A dalam program yang anda buat maka anda dapat membentuk kelas-kelas turunan dari kelas A tersebut(Misalnya, kelas B) yang mewarisi sifat-sifat yang terkandung dalam kelas A. dalam proses pembuatan kelas turunan tersebut, Anda dapat menambahkan sifat dan perilaku baru ke dalam kelas B, yang sebelumnya tidak dimiliki dalam kelas A.

Dalam terminologi java, kelas induk dinamakan dengan superclass dankelas turunan dinamakan dengan subclass. untuk membuat kelas anak atau kelas turunan berdasarkan class yang ada, anda dapat menggunakan kata kunci extends.keterangan : extends artinya diturunkan.






 Contoh Listing Program :

program induk kakek.java


/**
* @(#)kakek.java
*
*
* @author
* @version 1.00 2020/10/10
*/

//program induk kakek.java

public class kakek

{
protected String namekakek;
protected String address;
public kakek()

{
System.out.println("\n Program Demo Inheritance");
System.out.println("============================");
System.out.println(" Masukan construktor kakek ");
System.out.println("–Dijalankan oleh class Bapak–");

namekakek="Abu Bakar";
address="Arab Saudi";

}

public kakek(String name,String address)
{
this.namekakek=namekakek;
this.address=address;
}

public String getName()

{
return namekakek;
}

public String getAddress()
{
return address;
}

}

program anak/turunan:

program bapak.java

public class bapak extends kakek
{
    protected String namebapak;
    protected String addressbapak;
    public bapak()
    {
        System.out.println(“Nama Kakek :”+namekakek);
        System.out.println(“Address kakek :”+address);
        System.out.println(“\n”);
        System.out.println(” Masukan Construktor Bapak “);
        System.out.println(“—-dijalankan class cucu—-“);
        namebapak=”Ridho Saputra”;
        addressbapak=”Yogyakarta”;
        }
        public bapak(String namebapak,String addressbapak)
        {
            this.namebapak=namebapak;
            this.addressbapak=addressbapak;
        }
        public String getNama()
        {
            return namebapak;
        }
        public String getAddress()
        {
            return addressbapak;
        }
        public static void main(String []args)
        {
            bapak sari=new bapak();
        }
}

program cucu.java

public class cucu extends bapak
{
    public cucu()
    {
        System.out.println(“Nama Bapak  :”+namebapak);
        System.out.println(“Address Bapak :”+addressbapak);
    }
    public static void main(String []args)
    {
        String namacucu;
        cucu lagan=new cucu();
        System.out.println(“\nSaya adalah CUCU”);
        System.out.println(“Nama Saya : Samuel”);
        System.out.println(“”);
    }
}

jika ingin menjalankan program datas makan kita perlu mengkompile terlebih dahulu class kakek.java, jangan di run karena main programnya terdapat dalam class bapak.java dan cucu.java.

jika kita menjalankan class bapak maka akan seperti berikut tampilannya:

 Sumber:https://aiairositawati.wordpress.com/2017/01/07/enkapsulasi-inheritas-polimorphisme-package-pada-pbo/

Tugas / Penilaian

1. Salin  contoh program di atas dalam 3 file, kakek,bapak, dan cucu dengan aplikasi JCreator.
2. Jalankan program di atas dengan cara menjalankan/mengcompile file kakek, bapak dan cucu
3. Panggil program kakek dan program cucu.


Output:

program bapak 


Catatan:
1. Apabila program kakek dijalankan akan muncul error:

 
Error: Main method not found in class kakek, please define the main method as:
   public static void main(String[] args)or a JavaFX application class must extend javafx.application.Application

Ini disebabkan tidak ada  main method program (tak ada program pemanggilana).

out put program cucu



2. Apabila muncul error, ganti tanda petiknya dengan "

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...

Algoritma Konversi Bilangan Desimal ke Binary Dengan Program HTML-PHP

Dengan memahami contoh ini diharapkan programmer memahami : - Penggunaan Form dalam HTML  +  PHP - Looping/perulangan dengan perintah do while dan for - Konversi integer ke string - Penggabungan string - Pengigunaan temporary variabel Algoritma Konversi Bilangan Desimal ke bilangan Biner dengan Program HTML-  PHP Bagaimana caranya membuat program konversi bilangan desimal ke bilangan biner ?: Contoh :  Masukan angka : 100  maka outputnya seperti ini. 100:2=50 sisa=0 50:2=25 sisa=0 25:2=12 sisa=1 12:2=6 sisa=0 6:2=3 sisa=0 3:2=1 sisa=0 1:2=0 sisa=1 Desimal 100 Binari 1000100 Analisis masalah dan logika adalah sebagai berikut. Input adalah : sembarang bilangan yang dimasukan melalui keyboard Prosesnya adalah dengan looping atau perulangan dengan WHILE.. DO Akhir dari perulangan adalah saat HASIL BAGI bilangan menjadi 0 Karena memakai logika per ulangan,  Untuk itu DIPERLUKAN LOGIKA TUKAR TEMPAT melalui BANTUA...