Langsung ke konten utama

Menerapkan Struktur Kontrol Perulangan

 Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator KD pada KI pengetahuan

  1. Menjelaskan statement/perintah untuk perulangan
  2. Menerapkan statement/perintah untuk kontrol perulangan sederhana
  3. Menerapkan statement/perintah untuk kontrol perulangan bersarang

Indikator KD pada KI keterampilan

  1. Membuat aplikasi perulangan sederhana
  2. Membuat aplikasi perulangan bersarang

Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan berdiskusi Siswa mampu Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol perulangan.
  2. Dengan berdiskusi Siswa mampu menerapkan statement/perintah untuk kontrol perulangan sederhana , percabangan bersarang.
  3. Dengan praktek membuat aplikasi perintah untuk kontrol perulangan sederhana , percabangan bersarang, siswa mampu menguji dan mengkomunikasikan aplikasi perintah untuk kontrol perulangan sederhana , perulangan bersarang serta perbedaan penggunaannya.

Materi Kegiatan Pembelajaran

PERULANGAN (LOOPING)

Salah satu kegunaan pemrograman adalah untuk memudahkan pekerjaan yang harus dilakukan secara berulang.

Bentuk umum perulangan adalah :

'repeat'

aksi

'until' kondisi

Terdapat beberapa struktur pengulangan lain seperti 'while-do', 'for' dan sebagainya.

Dalam bahasa Pascal tersedia beberapa statemen yang digunakan untuk melakukan proses yang berulang-ulang sebanyak keinginan kita.

Misalnya saja, bila kita ingin menginput dan mencetak bilangan dari 1 sampai 100 bahkan 1000, tentunya kita akan merasa kesulitan. Namun dengan struktur perulangan proses, kita tidak perlu menuliskan perintah sampai 100 atau 1000 kali, cukup dengan beberapa perintah saja. Struktur perulangan dalam bahasa Pascal mempunyai bentuk yang bermacam-macam.

STRUKTUR PERULANGAN “FOR

Struktur perulangan for biasa digunakan untuk mengulang suatu proses yang telah diketahui jumlah perulangannya. Dari segi penulisannya, struktur perulangan for tampaknya lebih efisien karena susunannya lebih simpel dan sederhana.
Bentuk umum perulangan for adalah sebagai berikut :


for var := Nilai_Awal to Nilai_Akhir do
statement


atau :


for var := Nilai_Awal downto Nilai_Akhir do statement


Catatan :

Kontrol variable harus dalam bentuk ordinal (bilangan bulat). Untuk perulangan dengan struktur “to” maka kontrol variable akan ditambahi 1 setiap perulangan, sedangakan dengan struktur “downto” kontrol variable akan dikurangi 1 setiap perulangan

Contoh program perulangan untuk menulis sebanyak 100 kali kalimat "Saya Bisa" menggunakan for

program for_loop;
uses crt;
var
  i: integer;
begin
  clrscr;
 
    for i := 1  to 100 do
      begin
        writeln('Saya Bisa');
      end;
     
  readln;
end. Penjelasan. variabel i merupakan variabel 'counter', yaitu suatu variabel untuk menunjukan atau menentukan berapa kali looping harus dilakukan. Untuk latihan, bisa diganti perulangannya jadi 200x misalnya.

Video Pembelajaran


~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fase Fase Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka SMK

Kurikulum ‘Merdeka’ membagi pendidikan   ke dalam beberapa fase  Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing fase: Fase A : Diperuntukkan bagi siswa kelas 1 dan 2 SD. Pada fase ini, fokusnya adalah pada pengembangan dasar-dasar literasi dan numerasi, serta pengenalan lingkungan sekitar. Fase B : Diperuntukkan bagi siswa kelas 3 dan 4 SD. Siswa mulai memperdalam literasi dan numerasi, serta mulai mengenal konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran seperti sains dan sosial. Fase C : Diperuntukkan bagi siswa kelas 5 dan 6 SD. Pada fase ini, siswa mulai mempelajari materi yang lebih kompleks dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mulai mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Fase D : Diperuntukkan bagi siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP. Siswa mulai mempersiapkan diri untuk pendidikan menengah atas dengan mempelajari materi yang lebih spesifik dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mengembangkan keterampilan akademik dan non-akademi...

TOKO ONLINE - Tahapan membuka jualan online

A. Persiapan  Hal hal yang peru disiapkan untuk  berjualan secara online, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda siapkan: Produk atau Layanan : Tentukan produk atau layanan apa yang ingin Anda jual. Pastikan ada permintaan di pasar dan produk Anda unik atau memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor. Riset Pasar : Pelajari tren pasar dan target audiens Anda. Pahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen yang menjadi target Anda. Platform Penjualan : Pilih platform penjualan online yang sesuai, seperti marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak), media sosial (Instagram, Facebook), atau website e-commerce sendiri. Branding dan Identitas Visual : Buat branding yang kuat, termasuk nama toko, logo, dan estetika visual yang konsisten. Hal ini membantu dalam membangun kepercayaan dan pengenalan merek. Konten Produk : Siapkan deskripsi produk yang menarik dan informatif, serta foto produk yang berkualitas tinggi. Konten yang baik dapat menarik perhatian dan meningkatkan k...

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...