Langsung ke konten utama

Pemrograman Dasar

Kompetensi Dasar



 










3.11 Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).
4.11 Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface).

3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)
4.12    Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface)

3.13 Mengevaluasi debuging pada aplikasi pada sederhana
4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana

3.14     Mengevaluasi paket installer aplikasi sederhana
4.14 Memformulasikan paket installer aplikasi sederhana





Komentar

  1. nama: dedah nurhasanah
    jelaskan lagi tentang perintah Do, Repeat dan Flowchart.
    bagaimana cara belajar algoritma yang efektif

    BalasHapus
  2. Ini mah bukan nanya, tapi nyuruh. Tapi nggak apa-apa. Btw. terimakasih masukannya.

    BalasHapus
  3. Dalam praktek secara sederhana, dalam pemrograman, seorang programmer membagi permasalahan secara umum kedalam tiga hal pokok.
    1. Apa saja yang jadi masukan(input)
    2. Apa saja yang jadi proses
    3. Apa saja yang jadi input.

    Perintah Do, Repeat merupakan bagian proses yang dalam algoritma disebut perulangan. Maksud perulangan adalah suatu kondisi yang terus-menerus dilakukan sampai ada suatu kondisi atau syarat berhentinya perulangan. Selama tidak ada jalan keluar (exit) dalam perulangan menyebabkan prosesor akan terus-menerus melakukan perintah yang diberikan kepadanya.
    Dalam pascal pasangan DO adalah WHILE, kalau diterjemahkan dalam bahasa sehari-hari, Kerjakan ....(perintah tertentu) selama persyaratan masih terpenuhi.
    Sama juga seperti Repeat... Until.

    BalasHapus
  4. Dalam praktek secara sederhana, dalam pemrograman, seorang programmer membagi permasalahan secara umum kedalam tiga hal pokok.
    1. Apa saja yang jadi masukan(input)
    2. Apa saja yang jadi proses
    3. Apa saja yang jadi input.

    Perintah Do, Repeat merupakan bagian proses yang dalam algoritma disebut perulangan. Maksud perulangan adalah suatu kondisi yang terus-menerus dilakukan sampai ada suatu kondisi atau syarat berhentinya perulangan. Selama tidak ada jalan keluar (exit) dalam perulangan menyebabkan prosesor akan terus-menerus melakukan perintah yang diberikan kepadanya.
    Dalam pascal pasangan DO adalah WHILE, kalau diterjemahkan dalam bahasa sehari-hari, Kerjakan ....(perintah tertentu) selama persyaratan masih terpenuhi.
    Sama juga seperti Repeat... Until.

    BalasHapus
  5. 1. -keyboard
    -mouse
    -trackball
    -pointing stick
    -touchpad
    -touchscreen
    -joy stick

    2. -motherboard
    -power supply
    -cpu
    -memori atau ram
    -hardisk
    -vga
    -sound card

    3. Sama dengan nomor 1

    BalasHapus

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...

Menerapkan Struktur Kontrol Percabangan Dalam Bahasa Pemrograman dan Membuat Kode Programnya

Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator KD pada KI pengetahuan Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan sederhana Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bertingkat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bersarang Indikator KD pada KI keterampilan Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat Membuat aplikasi percabangan sederhana Membuat aplikasi percabangan bertingkat Membuat aplikasi percabangan bersarang Tujuan Pembelajaran Dengan berdiskusi Siswa mampu Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan. Dengan berdiskusi Siswa mampu menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana , percabangan bertingkat dan percabanngan bersyarat. Dengan praktek membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana, percabangan bertingkat dan percabangan b...