Langsung ke konten utama

Menerapkan dan Menyajikkan Konsep Enkapsulasi Dalam Melindungi Data dan informasi

Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran

IPK Pengetahuan

  1. Menjelaskan konsep dan tujuan proses enkapsulisasi dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  2. Menjelaskan prosedur enkapsulisasi dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  3. Menjelaskan persyaratan proses enkapsulisasi dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.
  4. Menerapkan prosedur enkapsulisasi dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek.

IPK Keterampilan

  1. Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan enkapsulisasi dalam melindungi data dan informasi.
  2. Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan enkapsulisasi.
  3. Menguji program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan enkapsulisasi

TujuanPembelajaran

Setelah melalui kegiatan diskusi, menggali informasi, presentasi dan tugas praktek diharapkan peserta didik akan dapat :
  1. Siswa dapat Menjelaskan konsep dan tujuan proses enkapsulisasi dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  2. Siswa dapat Menjelaskan prosedur enkapsulisasi dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  3. Siswa dapat Menjelaskan persyaratan proses enkapsulisasi dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  4. Siswa dapat Menerapkan prosedur enkapsulisasi dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  5. Siswa dapat Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan enkapsulisasi dengan baik.

Materi Kegiatan Pembelajaran


Enkapsulasi adalah suatu cara untuk menyembunyikan implementasi detail dari class untuk mencegah akses yang ilegal.

Dasar dari enkapsulasi yaitu menyembunyikan informasi dan interface untuk mengkses suatu data.

1. Menyembunyikan informasi adalah menyembunyikan informasi dari suatu class agar tidak bisa diakses dari luar class, caranya hanya dengan memberikan modifier private pada variabel yang ingin kita sembunyikan.

2. Interface untuk mengkses data maksudnya suatu cara kita untuk mengubah nilai pada suatu variabel yang telah dilakukan penyembunyian informasi (information hidding).


Cara yang biasa dilakukan mengubah data adalah dengan melalui method, lewat method ini kita bisa merubah nilai suatu variabel yang telah kita sembunyikan.


Enkapsulasi tersebut terdiri dari tiga jenis yaitu public, protected, dan private.


1. Access Public

Merupakan kata kunci yang digunakan dalam java yang memungkinkan setiap variabel dan method yang dideklarasikan dalam class public dapat diakses oleh semua class yang sama, subclass atau non subclass yang sama di package yang sama, subclass dan non subclass di package yang berbeda.


2. Access Protected

Merupakan kata kunci yang dideklarasikan untuk memproteksi suatu class agar setiap variabel dan method yang dideklarasikan tidak dapat di akses oleh non subclass di dalam package yang sama.

Dalam class protected, yang dapat mengakses variabel dan method nya adalah jika methodnya berada pada class nya sama, subclass dan non sub yang sama di package yang sama, dan subclass di package yang berbeda.


3. Access Private

Merupakan kata kunci yang dideklarasikan dalam suatu class agar setiap variabel dan method yang berada dalam class private ini hanya dapat diakses oleh class yang sama.

Didalam bahasa pemrograman java class yang bersifat private memproteksi agar semua variabel dan methodnya tidak dapat di akses oleh semua subclass dan non subclass di package yang sama, dan subclass dan non subclass di package yang berbeda.

Untuk berinteraksi dengan sebuah objek pada PBO, kita tidak bisa mengakses atau mengubah atribut yang bersifat private yang ada di dalam sebuah objek tersebut. Kita dapat berinteraksi dengan objek hanya melalui atribut / metode yang bersifat public.













Contoh Program

/**
 * @(#)MotorKopling.java
 *
 *
 * @author 
 * @version 1.00 2020/8/15
 */

public class MotorKopling {
    
    //Atribut
    private int kecepatan;
    private boolean nyala;
    
    public MotorKopling(){// <-- konstruktor        
        nyala = false; // <-- inisialisasi kondisi awal yaitu mati
        kecepatan = 0; // <-- inisialisasi kecepatan awal yaitu 0                
    }
    
    public void power(boolean nyala){        
        this.nyala = nyala;
       
        if(!nyala){ // <-- jika power mati maka kecepatan akan sama dengan 0
            kecepatan = 0;
        System.out.println("Motor mati!");               
        } else
        {
        System.out.println("Motor Hidup!");        
        }
       
    }
    
    //Imajinasikan bahwa Motor memiliki 3 perseneling 
    //3 perseneling untuk mengatur kecepatan, yaitu Pelan,Sedang dan Kencang.

    public void kecepatanPelan(){
        this.kecepatan = 1;
        System.out.println("Kecepatan pelan!");
    }
    
    public void kecepatanSedang(){
        this.kecepatan = 2;
        System.out.println("Kecepatan Sedang!");         
    }
    
    public void kecepatanKencang(){
        this.kecepatan = 3;
        System.out.println("Kecepatan Kencang!");         
    }
    
}
class MotorKoplingRun{
    public static void main(String[] args) {
        
        MotorKopling objMotorKopling = new MotorKopling();// <-- membuat objek 
        
        objMotorKopling.power(true);// <-- menyalakan motor
        objMotorKopling.kecepatanPelan();// <-- mengubah kecepatan menjadi pelan
        objMotorKopling.kecepatanSedang();// <-- mengubah kecepatan menjadi sedang
        objMotorKopling.kecepatanKencang();// <-- mengubah kecepatan menjadi kencang
        objMotorKopling.power(false);// <-- mematikan matikan motor
        
    }
}




Tugas / Penilaian


1.Ubahlah contoh program di atas dengan mengubah motor menjadi mobil
2. Tambahkan method memanaskan mobil pada program tersebut


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fase Fase Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka SMK

Kurikulum ‘Merdeka’ membagi pendidikan   ke dalam beberapa fase  Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing fase: Fase A : Diperuntukkan bagi siswa kelas 1 dan 2 SD. Pada fase ini, fokusnya adalah pada pengembangan dasar-dasar literasi dan numerasi, serta pengenalan lingkungan sekitar. Fase B : Diperuntukkan bagi siswa kelas 3 dan 4 SD. Siswa mulai memperdalam literasi dan numerasi, serta mulai mengenal konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran seperti sains dan sosial. Fase C : Diperuntukkan bagi siswa kelas 5 dan 6 SD. Pada fase ini, siswa mulai mempelajari materi yang lebih kompleks dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mulai mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Fase D : Diperuntukkan bagi siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP. Siswa mulai mempersiapkan diri untuk pendidikan menengah atas dengan mempelajari materi yang lebih spesifik dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mengembangkan keterampilan akademik dan non-akademi...

TOKO ONLINE - Tahapan membuka jualan online

A. Persiapan  Hal hal yang peru disiapkan untuk  berjualan secara online, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda siapkan: Produk atau Layanan : Tentukan produk atau layanan apa yang ingin Anda jual. Pastikan ada permintaan di pasar dan produk Anda unik atau memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor. Riset Pasar : Pelajari tren pasar dan target audiens Anda. Pahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen yang menjadi target Anda. Platform Penjualan : Pilih platform penjualan online yang sesuai, seperti marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak), media sosial (Instagram, Facebook), atau website e-commerce sendiri. Branding dan Identitas Visual : Buat branding yang kuat, termasuk nama toko, logo, dan estetika visual yang konsisten. Hal ini membantu dalam membangun kepercayaan dan pengenalan merek. Konten Produk : Siapkan deskripsi produk yang menarik dan informatif, serta foto produk yang berkualitas tinggi. Konten yang baik dapat menarik perhatian dan meningkatkan k...

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...