Langsung ke konten utama

Menerapkan Penggunaan Package dan Menyajikan Aplikasi Melalui Pengelompokan Class Dalam Package

Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran

IPK Pengetahuan

  1. Menjelaskan konsep package dari kumpulan class dalam PBO.
  2. Menjelaskan prosedur pembuatan package dalam aplikasi PBO.
  3. Menerapkan langkah-langkah dalam pembuatan package PBO

IPK Keterampilan

  1. Merancang program aplikasi berorientasi obyek dalam bentuk package
  2. Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek yang dikemas dalam package.
  3. Menguji program aplikasi berorientasi obyek dalam format package.

TujuanPembelajaran

Setelah melalui kegiatan diskusi, menggali informasi, presentasi dan tugas praktek diharapkan peserta didik akan dapat :
  1. Siswa dapat Menjelaskan konsep package dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan benar.
  2. Siswa dapat Menjelaskan prosedur pembuatan package dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
  3. Menerapkan prosedur pembuatan package dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik
  4. Siswa dapat merancang program aplikasi dalam kemasan package

Materi Kegiatan Pembelajaan

 Pengertian PACKAGE

Package adalah suatu cara untuk memanage class-class yang kita buat. Package akan sangat bermanfaat Jika class-class yang kita buat sangat banyak sehingga perlu dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu.

Menyimpan program

Misalnya ada 3(tiga)  buah class menu makanan, dimana yang pertama adalah class Pagi untuk menupagi , yang kedua adalah class Siang untuk menusiang, dan yang ketiga adalah class Sore untuk menusore.

Maka ke-3 class tersebut dapat dideklarasikan dengan nama masing-masing, dengan cara mendeklarasikannya package masing-masing class seperti yang tampak di bawah ini:

package menupagi;
public class Pagi
{

}

package menusiang;
public class Siang {
}

package menusore;
public class Sore {

}


Catatan penting yng perlu diperhatikan pada saat deklarasikan package adalah class tersebut harus disimpan pada suatu direktori yang sama dengan nama package-nya.

Berkenaan dengan class Pagi di atas, class Pagi pada package menupagi harus disimpan pada direktori menupagi, class Siang pada package menusiang harus disimpan pada direktori menusiang, class Sore pada package menusore harus disimpan pada direktori menusore, lihat gambar 1 dan 2.


Pada gambar 1 terlihat bahwa folder menupagi,folder menusiang,dan folder menusore disimpan sejajar dengan program class pemanggil package yaitu RestoranBeraksi.java pada folder projek restoran.



Pada gambar 2 terlihat bahwa folder menu pagi berisi program class Pagi.java yang menyimpan package menupagi,folder menusiang berisi program class Siang.java yang menyimpan package menusiang,dan folder menusore berisi program class Sore.java yang menyimpan package menusore.

Selanjutnya posisi class yang menyimpan package

Pada gambar 2 terlihat bahwa folder menupagi berisi program class Pagi.java yang menyimpan package menupagi,folder menusiang berisi program class Siang.java yang menyimpan package menusiang,dan folder menusore berisi program class Sore.java yang menyimpan package menusore.

– Import class

Suatu class dapat meng-import class lainnya sesuai dengan nama package yang dipunyainya.
Misalnya saja kita dapat meng-import class Pagi.java dalam package menupagi dengan deklarasikan kata kunci import.

import menupagi.Pagi;
public class RestoranBeraksi {

}

Jika kita ingin meng-import semua class yang ada pada package menupagi, maka kita dapat mendeklarasikannya
dengan menuliskan 
tanda *.
import menupagi.*;


Satu hal yang perlu kita ketahui, pada saat kita ingin meng-import suatu class dalam suatu package, pastikan letak package tersebut satu direktori dengan class yang ingin meng-import.

Dalam contoh gambar 1 terlihat bahwa program RestoranBeraksi.Java berada satu direktori dengan folder paket-paket yaitu folder Projek Restoran.

 Jika letak package tersebut tidak satu direktori dengan class yang ingin meng-import, maka letak direktori package itu haruslah terdaftar dalam CLASSPATH.

– Projek lengkap Restoran
1. Program package menupagi (Pagi.java)

Tugas / Penilaian

Buatlah program menggunakan editor JCreator sebuah class Pagi.java yang disimpan pada folder menupagi, seperti terlihat pada gambar di atas

package menupagi;

public class Pagi {

public void info(){

System.out.println("RESTORAN PAGI SIANG SORE");

System.out.println("=========================");

System.out.println(" ");

System.out.println("Daftar Menu Makanan dan Minuman ");

System.out.println(" ");

System.out.println("Daftar Makanan : ");

System.out.println("1. Nasi Uduk Spesial : Rp. 12.000");

System.out.println("2. Nasi Pecel Lele : Rp. 11.000");

System.out.println("3. Nasi Rames : Rp. 13.000");

System.out.println(" ");

System.out.println("Daftar Minuman : ");

System.out.println("1. Air Teh Manis : Rp. 5.000");

System.out.println("2. Susu Soda : Rp. 7.000");

System.out.println("3. Kopi hangat : Rp. 3.000");

}

}


2. Program package menusiang (Siang.java)
Buatlah program class 
Siang.java yang disimpan pada folder menusiang

package menusiang;

public class Siang {

public void info(){

System.out.println(" ");

System.out.println("Daftar Menu Siang ");

System.out.println("Daftar Makanan : ");

System.out.println("1. Nasi Pepes Ayam : Rp. 15.000");

System.out.println("2. Nasi Pepes Ikan  : Rp. 13.000");

System.out.println("3. Nasi Bakar  : Rp. 10.000");

System.out.println(" ");

System.out.println("Daftar Minuman : ");

System.out.println("1. Air Teh Manis  : Rp. 5.000");

System.out.println("2. Susu Coklat : Rp. 7.000");

System.out.println("3. Susu Murni : Rp. 8.000");

}

}



3. Program package menusore (Sore.java)
Buatlah program class 
Sore.java yang disimpan pada folder menusore

package menusore;

public class Sore {

public void info(){

System.out.println(" ");

System.out.println("Daftar Menu Sore");

System.out.println("Daftar Makanan : ");

System.out.println("1. Nasi Goreng Udang : Rp. 15.000");

System.out.println("2. Nasi Goreng Spesial : Rp. 13.000");

System.out.println("3. Nasi Uduk : Rp. 10.000");

System.out.println(" ");

System.out.println("Daftar Minuman : ");

System.out.println("1. Air Teh Manis : Rp. 5.000");

System.out.println("2. Susu Coklat : Rp. 7.000");

System.out.println("3. Susu Murni : Rp. 8.000");

}

}

4. Program Class pemanggil package (RestoranBeraksi.java)
Buatlah program class Objek 
RestoranBeraksi.java yang disimpan pada folder Projek Restoran, seperti terlihat pada gambar di bawah ini



Setelah selesai eksekusi RestoranBeraksi.java maka hasilnya adalah

<Default> - <Default>--------------------

RESTORAN PAGI SIANG SORE

=========================

Daftar Menu Makanan dan Minuman

Daftar Makanan :

1. Nasi Uduk Spesial : Rp. 12.000
2. Nasi Pecel Lele : Rp. 11.000
3. Nasi Rames : Rp. 13.000

Daftar Minuman :

1. Air Teh Manis : Rp. 5.000
2. Susu Soda : Rp. 7.000
3. Kopi hangat : Rp. 3.000


Daftar Menu Siang
Daftar Makanan :
1. Nasi Pepes Ayam : Rp. 15.000
2. Nasi Pepes Ikan : Rp. 13.000
3. Nasi Bakar : Rp. 10.000

Daftar Minuman :

1. Air Teh Manis : Rp. 5.000
2. Susu Coklat : Rp. 7.000
3. Susu Murni : Rp. 8.000

Daftar Menu Sore

Daftar Makanan :

1. Nasi Goreng Udang : Rp. 15.000
2. Nasi Goreng Spesial : Rp. 13.000
3. Nasi Uduk : Rp. 10.000

Daftar Minuman :

1. Air Teh Manis : Rp. 5.000
2. Susu Coklat : Rp. 7.000
3. Susu Murni : Rp. 8.000

Process completed.


Sumber:

https://aiairositawati.wordpress.com/2017/01/07/enkapsulasi-inheritas-polimorphisme-package-pada-pbo/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...

Algoritma Konversi Bilangan Desimal ke Binary Dengan Program HTML-PHP

Dengan memahami contoh ini diharapkan programmer memahami : - Penggunaan Form dalam HTML  +  PHP - Looping/perulangan dengan perintah do while dan for - Konversi integer ke string - Penggabungan string - Pengigunaan temporary variabel Algoritma Konversi Bilangan Desimal ke bilangan Biner dengan Program HTML-  PHP Bagaimana caranya membuat program konversi bilangan desimal ke bilangan biner ?: Contoh :  Masukan angka : 100  maka outputnya seperti ini. 100:2=50 sisa=0 50:2=25 sisa=0 25:2=12 sisa=1 12:2=6 sisa=0 6:2=3 sisa=0 3:2=1 sisa=0 1:2=0 sisa=1 Desimal 100 Binari 1000100 Analisis masalah dan logika adalah sebagai berikut. Input adalah : sembarang bilangan yang dimasukan melalui keyboard Prosesnya adalah dengan looping atau perulangan dengan WHILE.. DO Akhir dari perulangan adalah saat HASIL BAGI bilangan menjadi 0 Karena memakai logika per ulangan,  Untuk itu DIPERLUKAN LOGIKA TUKAR TEMPAT melalui BANTUA...