Langsung ke konten utama

Menerapkan Operasi Aritmatika dan Logika dan Membuat Kode Programnya

Indikator Pencapaian Kompetensi


1. Indikator KD pada KI pengetahuan
· Menerapkan operasi aritmatika dan logika
· Menjelaskan operator aritmatika
· Menjelaskan operator logika
· Menerapkan operasi aritmatika dan logika untuk menyelesaikan masalah perhitungan aritmatika dan logika

2. Indikator KD pada KI keterampilan
· Membuat aplikasi operasi aritmatika
· Membuat aplikasi operasi logika

Tujuan Pembelajaran


· Dengan berdiskusi Siswa mampu Menjelaskan berbagai Operator Aritmatika dan Operator Logika
· Dengan praktek membuat kode program menggunakan operator aritmatika dan operator logika, siswa mampu menguji dan mengkomunikasikan kode program menggunakan operator aritmatika dan operator logika pada bahasa pemrograman pascal.

Materi Pembelajaran

Pengertian Operasi/Perhitungan/Proses

Merupakan suatu perintah untuk menyimpan suatu nilai (angka, karakter, string)  dalam variabel disebut operasi (penugasan) atau assignment.

Contoh :

C <- A +B perintah ini dibaca “jumlahkan A dengan B dan simpan pada C”

Simbol A,B,C disebut operand/identifier/varibel

Tanda * disebut operator perkalian

Tanda <- dalam algoritma disebut operator penugasan (assignment)

sedangkan dalam proses komputasi biasa disimbolkan dengan tanda =   


Operator pada pemrograman adalah suatu simbol untuk melakukan suatu operasi aritmatika, operasi logika maupun operasi relasi antara satu atau antara beberapa variabel


Jenis-jenis Operator

1. Operator Aritmatika

Yaitu simbol yang digunakan untuk proses perhitungan yaitu +, - , * , / , div , mod
operator ‘/’ digunakan untuk pembagian dengan hasil adalah bilangan pecahan
operator div digunakan untuk pembagian dengan hasil adalah bilagan bulat
mod adalah operator yang digunakan untuk mencari sisa hasil bagi

Pada proses aritmatik adakalanya ada beberapa operator ditemui pada satu ekspresi.

Contoh : Z=A+B*C;

Pada contoh diatas ada 2 operator yang ditemui yaitu + dan *. Jika hal ini terjadi maka yang akan diproses terlebih dahulu adalah operator dengan prioritas tertinggi.

Berikut prioritas pengerjaan dari masing-masing operator dari yang tertinggi.
* , /, mod , div + d an –

2.Operator Relasional

Adalah <, >, <= , >= , not , and , or . Hasil dari operator ini adalah benar atau salah.


3. Operator Logika,  Or, Not, And

4. Operator Penugasan

Tanda <- disebut operator penugasan (assignment) atau dalam Pascal :=






Praktikum

1. Langkah -langkah untuk membuat program pascal untuk menghitung luas segi-tiga.
luas segitiga diperoleh dari rumus  luas = 1/2*(alas * tinggi)
buat variabel nya,  Variabel luas  sebagai L  Typenya adalah bilangan pecahan (Real) karena  ada pembagian; alas sebagai a;  tinggi sebagai t dengan type data Integer.

Program Menghitung Luas Segitiga

program luas;  //nama program
uses crt;     // unit yang dipakai

var              //mendefinisikan variabel
a,t: integer;
L: real;

begin
clrscr;
write(‘Masukan Nilai Alas:’);
readln (a);
write(‘Masukan Nilai Tingi:’);
readln(t);
writeln(‘ ‘);
L:=(a*t)/2;
writeln(‘Luas Segitiga adalah =’,L:6:2);
readln;
end.


Output:

Masukan Nilai Alas:10
Masukan Nilai Tingi:5


Luas Segitiga adalah = 25.00

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...

Algoritma Konversi Bilangan Desimal ke Binary Dengan Program HTML-PHP

Dengan memahami contoh ini diharapkan programmer memahami : - Penggunaan Form dalam HTML  +  PHP - Looping/perulangan dengan perintah do while dan for - Konversi integer ke string - Penggabungan string - Pengigunaan temporary variabel Algoritma Konversi Bilangan Desimal ke bilangan Biner dengan Program HTML-  PHP Bagaimana caranya membuat program konversi bilangan desimal ke bilangan biner ?: Contoh :  Masukan angka : 100  maka outputnya seperti ini. 100:2=50 sisa=0 50:2=25 sisa=0 25:2=12 sisa=1 12:2=6 sisa=0 6:2=3 sisa=0 3:2=1 sisa=0 1:2=0 sisa=1 Desimal 100 Binari 1000100 Analisis masalah dan logika adalah sebagai berikut. Input adalah : sembarang bilangan yang dimasukan melalui keyboard Prosesnya adalah dengan looping atau perulangan dengan WHILE.. DO Akhir dari perulangan adalah saat HASIL BAGI bilangan menjadi 0 Karena memakai logika per ulangan,  Untuk itu DIPERLUKAN LOGIKA TUKAR TEMPAT melalui BANTUA...