Langsung ke konten utama

Postingan

Humanoid dan Teknologi 5-G

Humanoid pertama bernama Sophia, berjenis kelamin “wanita”. Ia mempunyai kecerdasan buatan (Arificial Intelgent) dan terkoneksi dengan Search Engine Google . Keterhubungan ini menyebabkan apapun pertanyaan yang diajukan mengenai segala data atau informasi, ia dengan mudah dapat menjawabnya secara cepat karena dibantu dengan kecepatan upload dan download data via algoritma Search Engine Google dan tekonologi 5-G. Kecerdasan yang dimaksud adalah kemampuan mengambil keputusan dari berbagai kemungkinan yang ada atau dapat terjadi. Untuk ilustrasi apa itu kecerdasan artificial, pernah mendengar bagaimana “Deep Blue” mesin IBM dapat mengalahkan juara Catur dunia Gerry Kasparov ? . Secara matematis untuk melangkahkan bidak-bidak catur adalah merupakan serangkaian keputusan terbaik yang didasarkan aturan logika agar mencapai tujuan menduduki petak-petak musuh, dan membunuh Raja lawannya. Padahal kemungkian melangkah bidak catur itu probabilitasnya mencapai jutaan kemungkinan. Suatu saat k...

Algoritma E-Voting berdasar E-KTP

A. Prasyarat Perangkat keras yang diperlukan : 1. Jaringan yang terkoneksi secara aman 2. Media Input / Scanner / Card Reader 3. Server on line B. Pra Pemilu Server Sisduk E-KTP membuat API Isi API berupa data No KTP, Nama Pemegang KTP, Alamat Rumah, Tgl_lahir, nomor Unik Server E-Voting membaca data berdasar teks dari API . Server E-Voting memilih data pemilih berdasar usia 17 tahun ke atas sebagai peserta pemilu . Server E-Voting mencetak kartu daftar pemilih yang di dalamnya ada ‘Barcode’ . Kartu ini dapat dicetak melalui kertas maupun melalui bentuk digital. Kartu peserta dikirim ke alamat Ybs. C. Saat Pemilu. Server E-Voting bekerja sama dengan perbankan yang telah mempunyai jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia. E-Voting membuat sistem Interface untuk memilih Capres dan Caleg. Interface E-Voting dititipkan di komputer /ATM perbankan. Peserta pemilu memilih dengan patokan Barcode yang sudah ada, dapat datang ke Bank terdekat dimana pun ia berada. ...

ARE YOU HAPPY ?

ARE YOU HAPPY ? Apa sih tujuan hidup manusia di dunia ini ? Saya muslim namun dahulu jarang sekali buka kitab Al qur’an, alih-alih malah sibuk mencari uang demi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada dorongan tersembunyi, keinginan untuk jadi orang yang kaya, agar dengan kekayaan itu maka kebahagian akan mudah didapat. Seiring berjalannya waktu, saya menyaksikan bahwa kekayaan ternyata tidak menjamin kebahagian suatu keluarga. Alhamdulillah, saya sampai saat sekarang belum menjadi orang kaya secara material. Namun rasanya cukup bahagia, dan terus untuk berupaya mencapai kebahagiaan dan ikut bahagia saat orang lain bahagia. Apa itu bahagia ? Apakah bahagia itu sama dengan kesenangan dan kenikmatan. Lalu apa beda bahagia dengan senang ? Beda bahagia dengan senang itu, kalau bahagia itu tidak perlu cape, kalau (ke)senang(an) biasanya cape dan ada bosannya. Contohnya : Orang kaya dapat bersenang-senang keliling dunia mencari tempat hiburan, namun belum tentu bahagia, sepulang d...

Materi, Soal dan Jawaban TKJ dan RPL

Flipbook ini berisi materi dan soal-soal serta jawabannya. Untuk membaca nya silahkan buka halaman ini.(atau klik disini saja). Untuk soal dan jawaban RPL kelas X silahkan klik dibuka disini.saja Untuk soal dan jawaban RPL kelas XI silahkan klik dibuka disini.saja Untuk soal dan jawaban RPL kelas XII  silahkan klik dibuka disini.saja Untuk soal dan jawabanTKJ   kelas X silahkan klik dibuka disini.saja Untuk soal dan jawaban TKJ kelas XI silahkan klik dibuka disini.saja Untuk soal dan jawaban TKJ kelas XII  silahkan klik dibuka disini.saja Loading… Selamat mencoba

Simulasi Digital

SIMULASI DIGITAL A. Penyajian atau Penulisan Algoritma Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya. Sedangkan algoritma dapat disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart. Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk notasi-notasi tertentu. Flowchart merupakan gambar atau bagan yangmemperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaranini dinyatakan dengan simbol flowchart akan memudahkan kita untuk melakukanpengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Di samping ituflowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek. TIPS menyusun Algoritma : 1) Hindari pengulangan proses yang tidak perl...

Kunci Jawaban Kelemahan Jaringan Nirkabel

1. Kelemahan – kelemahan dari jaringan nirkabel pada lapiran fisik (Phisycal Layer) adalah sebagai berikut: Interception atau penyadapan Injection Jamming Locating Mobile Node Access Control Hijacking 2. Kelemahan dari teknik pengamanan jaringan nirkabel dengan dengan metode WEP adalah mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia secara gratis di internet. 3. Teknik – teknik pengamanan jaringan nirkabel di antaranya adalah: Menyembunyikan SSID Pengamanan dengan metode Wired Equivalent Privacy (WEP) Pengamanan dengan metode Wi-Fi Protected Access (WPA) Pemfilteran MAC 4. Aspek pengujian jaringan nirkabel adalah : Konektifitas jaringan nirkabel  Keamanan jaringan nirkabel   5.Tahapan pada pengujian jaringan nirkabel dengan metode penetration Attack adalah :  Information gathering Analisis Attacking Evaluasi Jenis - jenis serangan yang dapat dilakukan untuk menguji keamanan jaringan nirkabel adalah :  ...

Kunci Jawaban Soal OSI Layer.

Tugas 1 Menspesifikasikan Layer dan Peralatan OSI Gambaran Alat atau Layer OS I Alat ini mengirim dan menerima informasi tentang layer Network. Router Layer ini membuat rangkaian virtual sebelum melakukan transmisi di antara dua host ujung. Transport Layer ini menggunakan Service Access Point Data Link (LLC) Alat ini menggunakan alamat perangkat keras untuk menyaring sebuah network Bridge atau switch Ethernet didefinisikan di layer-layer ini Data link dan Physical Layer ini mendukung flow control dan pengurutan (sequencing) Transport Alat ini dapat mengukur jarak ke sebuah network yang jauh (remote) Router Pengalamatan logikal digunakan di layer ini Network Alamat perangkat keras didefinisikan di layer ini Data Link (MAC) Alamat ini menciptakan sebuah collision domain yang besar dan sebuah broadcast domain yang b...

Unsur Pokok Presentasi KD 6 Simulasi Digital

Adapun unsur unsur pokok presentasi diantaranya: Moderato r , untuk mengatur jalannya presentasi. Pembicara , pihak yang melakukan presentasi atau menyampaikan informasi. Audience  , peserta atau pendengar dari presentasi. Tools  atau peralatan, media atau alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasinya. Fungsi dan Tujuan Presentasi Menyampaikan Informasi Atau Materi Presentasi dilakukan oleh orang perusahaan apabila ada informasi penting yang akan disampaikan, baik itu informasi biasa maupun informasi sangat penting. Biasanya dalam melakukan presentasi, perusahaan akan mengundang orang yang dianggap penting untuk mengetahui pesan atau informasi tersebut. Membuat Suatu Ide atau Gagasan Tujuan presentasi ini biasanya diterapkan pada organisasi yang sedang mengalami masalah sulit untuk dicariak solusinya, sehingga memerlukan pendapat orang lain untuk mencari solusi. Untuk itu sering kali kita dengan istilah rapat, organisasi akan mengundang peserta yang ...