Langsung ke konten utama

Simulasi Digital

SIMULASI DIGITAL





A. Penyajian atau Penulisan Algoritma


Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu dan pseudocode.

Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya.

Sedangkan algoritma dapat disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart.

Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk notasi-notasi tertentu.

Flowchart merupakan gambar atau bagan yangmemperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaranini dinyatakan dengan simbol flowchart akan memudahkan kita untuk melakukanpengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Di samping ituflowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek.

TIPS menyusun Algoritma :

1) Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.

2) Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untukmemperjelas.

3) Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.



Pengertian Simbol Flowchart:

1) Terminator : Notasi ini digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir suatualgoritma
2) Aliran data : Notasi ini disebut Arrow yang digunakan untuk menunjukkan arusdata atau aliran data dari proses satu ke proses lainnya.
3) Input / Output : Notasi ini disebut Data yang digunakan untuk mewakili datainput atau output atau menyatakan operasi pemasukan data dan pencetakan hasil.
4) Proses : Notasi ini disebutproses.Process yang digunakan untuk mewakili suatu
5) Percabangan : Notasi ini disebut Decision yang digunakan untuk suatupemilihan, penyeleksian kondisi di dalam suatu program
6) Preparation : Notasi ini digunakan untuk memberi nilai awal, nilai akhir,penambahan / pengurangan bagi suatu variable counter.
7) Predefined Process / Call : Notasi ini digunakan untuk menunjukkan suatuoperasi yang rinciannya ditunjukkan ditempat lain (prosedur, sub-prosedur,fungsi)
8. Connector: Notasi ini digunakan untuk menunjukkan sambungan dari flowchart yang terputus di halaman yang sama atau halaman berikutnya.
9. Off page Connector : Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda


Contoh Flowchart :

Problem: Menghitung luas persegi panjang

Algoritma:
1. Masukkan panjang (p)
2. Masukkan lebar (l)
3. Hitung luas (L), yaitu panjang kali lebar

4. Cetak luas (L)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...

Menerapkan Struktur Kontrol Percabangan Dalam Bahasa Pemrograman dan Membuat Kode Programnya

Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator KD pada KI pengetahuan Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan sederhana Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bertingkat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bersarang Indikator KD pada KI keterampilan Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat Membuat aplikasi percabangan sederhana Membuat aplikasi percabangan bertingkat Membuat aplikasi percabangan bersarang Tujuan Pembelajaran Dengan berdiskusi Siswa mampu Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan. Dengan berdiskusi Siswa mampu menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana , percabangan bertingkat dan percabanngan bersyarat. Dengan praktek membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana, percabangan bertingkat dan percabangan b...