Langsung ke konten utama

Kunci Jawaban Soal OSI Layer.




Tugas 1
Menspesifikasikan Layer dan Peralatan OSI


Gambaran


Alat atau Layer
OSI
Alat ini mengirim dan menerima informasi tentang layer Network.

Router
Layer ini membuat rangkaian virtual sebelum melakukan transmisi di antara dua host ujung.
Transport
Layer ini menggunakan Service Access Point
Data Link (LLC)
Alat ini menggunakan alamat perangkat keras untuk menyaring sebuah network
Bridge atau switch
Ethernet didefinisikan di layer-layer ini
Data link dan
Physical
Layer ini mendukung flow control dan pengurutan (sequencing)
Transport
Alat ini dapat mengukur jarak ke sebuah network yang jauh (remote)
Router
Pengalamatan logikal digunakan di layer ini
Network
Alamat perangkat keras didefinisikan di layer ini
Data Link (MAC)
Alamat ini menciptakan sebuah collision domain yang besar dan sebuah broadcast domain yang besar
Hub
Alat ini menciptakan sebuah collision domain yang lebih kecil di sebuah network, tetapi network itu tetap merupakan satu broadcast domain besar
Switch atau Bridge
Alat ini memisahkan collision domain dan broadcast domain
Router


Jawaban Tugas 2

1.    Hub : 1 colision domain, 1 broadcast domain
2.    Bridge : 2 colision domain, 1 broadcast domain
3.    Switch : 4 colision domain, 1 broadcast domain
4.    Router : 3 colision domain, 3 broadcast domain


Kunci Jawaban Test Formatif 1

1.  Penyebab dari congestion di lalu lintas jaringan komputer.
  1. Terlalu banyak host
  2. Broadcast storm (badai broardcast)
  3. Multicasting
  4. Bandwith yang kecil
2.    Tuliskan 7 layer OSI

1. Layer Application
2. Layer Presentation
3. Layer Session
4. Layer Transport
5. Layer Network
6. Layer Data Link
7. Layer Physical

3.         Hub dan Reapeter berada pada layer 1
4.         Bridge dan Switch berada pada layer 2
5.         Router berada pada layer 3
6.         Jumlah data segmen data (diukur dalam byte) yang dapat dikirmkan oleh mesin pengirim, tanpa perlu menerima acknowledgment untuk segmen-segmen tersebut, disebut sebuah window.
7.         Pada komunikasi Connection-Oriented transportasi data dapat karena peralatan yang melakukan transmisi, pada awalnya akan membuat sebuah session connection-oriented dengan sistem pasangannya, yang disebut call setup atau three way handshake. Kemudian data akan dipindahkan; setelah selesai, pengakhiran komunikasi akan terjadi untuk memutuskan rangkaian virtual yang terjadi
8.         Peralatan physical yang berada di sisi pelanggan dinamakan DTE (Data Terminal Equipment)
9.         Layer Data Link dibagi menjadi 2 sub layer, Media Access Control (MAC) Logical Link Control (LLC) sub layer.
10.       Protokol yang digunakan untuk mendukung lalu lintas data disebut routed protocols.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...

Menerapkan Struktur Kontrol Percabangan Dalam Bahasa Pemrograman dan Membuat Kode Programnya

Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator KD pada KI pengetahuan Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan sederhana Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bertingkat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bersarang Indikator KD pada KI keterampilan Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat Membuat aplikasi percabangan sederhana Membuat aplikasi percabangan bertingkat Membuat aplikasi percabangan bersarang Tujuan Pembelajaran Dengan berdiskusi Siswa mampu Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan. Dengan berdiskusi Siswa mampu menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana , percabangan bertingkat dan percabanngan bersyarat. Dengan praktek membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana, percabangan bertingkat dan percabangan b...