Langsung ke konten utama

Postingan

Use Case Diagram

Use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih actor dengan sistem informasi yang akan dibuat. Secara kasar, use case digunakan untuk mengetahui fungsi apa saja yang ada didalam sebuah sistem informasi dan siapa saja yang berhak menggunakan fungsi-fungsi itu. Menurut Rosa dan M. Shalahuddin (2011: 130) mengungkapkan: “Use case merupakan pemodelan untuk melakukan (behavior) sistem informasi yang akan dibuat. Use case mendeskripsikan sebuah interaksi antara satu atau lebih aktor dengan sistem informasi yang akan dibuat.” Menurut M. Rosidi Zamroni, dkk (2013: 490) mengungkapkan bahwa: “Use case diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem yang menjelaskan keseluruhan kerja sistem secara garis besar dengan mempresentasikan interaksi antara aktor yang dibuat, serta memberikan gambaran fungsi-fungsi pada sistem tersebut.” Jadi, dapat disimpulkan bahwa Use Case adalah langkah-langkah atau urutan kegiatan yang dilakukan aktor dan sistem informasi y...

Bahasa XML

XML adalah singkatan dari eXtensible Markup Language. Bahasa markup adalah sekumpulan aturan-aturan yang mendefinisikan suatu sintaks yang digunakan untuk menjelaskan, dan mendeskripsikan teks atau data dalam sebuah dokumen melalui penggunaan tag. XML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk mengolah meta data (informasi tentang data) yang menggambarkan struktur dan maksud/tujuan data yang terdapat dalam dokumen XML, namun bukan menggambarkan format tampilan data tersebut. XML adalah sebuah standar sederhana yang digunakan untuk medeskripsikan data teks dengan cara self-describing (deskripsi diri). Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup yang diciptakan oleh konsorsium World Wide Web (W3C). Bahasa ini berfungsi untuk menyederhanakan proses penyimpanan dan pengiriman data antarserver. Apa Perbedaan XML dengan HTML? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, fungsi utama XML adalah untuk menyimpan dan mengirimkan data. Sedangkan fungsi utama HTML adalah untuk menampilka...

Menerapkan PJJ via Blogger Keharusan Guru-Guru di Era Pandemi dan Pasca Pandemi

Sumber gambar: Media Indonesia.com Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan oleh Guru maupun Dosen di era Pandemi ini dalam prakteknya tidak berjalan optimal.  Fakta yang terjadi di lapangan para Guru dan Dosen hanya memberikan tugas-dan tugas pada siswa dengan minimnya pembelajaran itu sendiri yang dilakukan guru. Realita ini membuat orang tua siswa menjadi repot membantu anaknya dalam menjawab pertanyaan maupun tugas yang harus dilakukan oleh siswa. Hal ini terjadi akibat pembelajaran yang terjadi diberikan  hanya via lembaran-lembaran tulisan di media PDF yang dikirimkan ke siswa serta pemberian tugas-tugas, sedangkan kegiatan pembelajarannya oleh Guru tidak terjadi/berlangsung.  Dengan Media Blog yang dikelola secara serius akan dapat membantu PJJ,  dimana  didalam halaman blog tersebut dapat dimuat beberapa hal penting dalam pembelajaran. Pertama:  Blog dapat memuat  media Video Pembelajaran  Dengan adanya video pembelajaran yang dimuat d...

Menerapkan Penanganan Error Dalam Mendeteksi Kesalahan Program

Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran IPK Pengetahuan Menjelaskan konsep error handling (penanganan kesalahan) dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek. Menjelaskan prosedur error handling (penanganan kesalahan)dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek. Menganalisis penanganan kesalahan (error handling) dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek. Menerapkan error handling (penanganan kesalahan)dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek. Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan penerapan error handling (penanganan kesalahan). IPK Keterampilan Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan error handling (penanganan kesalahan). Menguji program aplikasi berorientasi obyek yang menerapkan error handling (penanganan kesalahan). Memperbaikipenanganan kesalahan(error handling) dalam program aplikasi berorientasi obyek. Memodifikasipenanganan kesalahan(error handling) dalam program aplikasi berorientasi obyek. TujuanPembelajaran Se...

Menganalisis Pemanfaatan Class Built_in

Indikator  Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran IPK Pengetahuan Menjelaskan konsep  class built-in dari  kumpulan class dalam PBO. Menjelaskan prosedur pemanfaatkan class built-in dalam aplikasi PBO. Menerapkan langkah-langkah dalam pemanfaatan class built-in PBO  IPK Keterampilan Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan memanfaatkan class built-in Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek yang memakai  class built-in. Menguji program aplikasi berorientasi obyek dengan dukungan class built-in. Tujuan Pembelajaran Setelah melalui kegiatan diskusi, menggali informasi, presentasi dan tugas praktek diharapkan peserta didik akan dapat : Siswa dapat Menjelaskan konsep class built-in dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan benar. Siswa dapat Menjelaskan prosedur pemanfaatan class built-in dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik. Menerapkan prosedur pemanfaatan class built-in dalam pemrograman aplikasi berorien...