Langsung ke konten utama

Menerapkan PJJ via Blogger Keharusan Guru-Guru di Era Pandemi dan Pasca Pandemi


Sumber gambar: Media Indonesia.com

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan oleh Guru maupun Dosen di era Pandemi ini dalam prakteknya tidak berjalan optimal. 
Fakta yang terjadi di lapangan para Guru dan Dosen hanya memberikan tugas-dan tugas pada siswa dengan minimnya pembelajaran itu sendiri yang dilakukan guru.

Realita ini membuat orang tua siswa menjadi repot membantu anaknya dalam menjawab pertanyaan maupun tugas yang harus dilakukan oleh siswa.

Hal ini terjadi akibat pembelajaran yang terjadi diberikan  hanya via lembaran-lembaran tulisan di media PDF yang dikirimkan ke siswa serta pemberian tugas-tugas, sedangkan kegiatan pembelajarannya oleh Guru tidak terjadi/berlangsung. 

Dengan Media Blog yang dikelola secara serius akan dapat membantu PJJ,  dimana  didalam halaman blog tersebut dapat dimuat beberapa hal penting dalam pembelajaran.

Pertama:  Blog dapat memuat  media Video Pembelajaran 
Dengan adanya video pembelajaran yang dimuat di blog, maka hal ini dapat mengganti kegiatan Tatap Muka Pembelajan di ruang kelas. Guru dapat menerangkan materi pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang mau diajarkan sejelas-jelasnya dalam video tersebut.

Kedua :  Blog dapat memuat Materi Pembelajaran secara utuh, mulai dari Kompetensi Dasar yang harus dikuasai siswa,  Artikel Materi Pembelajaran,  maupun Tujuan Pembelajaran.

Ketiga : Blog dapat membuat Penugasan atau Penilaian pada siswa  melalui pembuatan soal secara Daring

Keempat : Blog dapat memuat addsen Google yang menjadi pendapatan sampingan seorang guru.

Jadi idealnya, setiap guru mata pelajaran masing-masing membuat blog yang intisari isinya seperti poin-poin di atas. Dengan demikian, siswa dapat belajar sebelum tatap muka pembelajaran, pada masa pembelajaran maupun sesudah pembelajaran.

Penulis telah melakukan kegiatan di atas,  dan sampai saat ini pendapatan dari addsense google baru sebesar $US 15.79 mudah-mudahan akan terus meningkat.   Amiin YRA.


Sebagai contoh  Menerapkan PJJ via Blogger Keharusan Guru-Guru di Era Pandemi dan Pasca Pandemi ada pada halaman ini. : http://www.damankom.com/2020/07/pengertian-algoritma.html

Blogger guru itu merupakan implentasi praktis dalam menunjang kemerdekaan belajar dan pembelajaran. Sebagaimana dikatakan oleh Mendikbud Nadiem Makarim, "Kebijakan Merdeka Belajar memberi kemerdekaan setiap unit pendidikan berinovasi. Konsep ini harus menyesuaikan kondisi di mana proses belajar mengajar berjalan, baik sisi budaya, kearifan lokal, sosio-ekonomi maupun infrastruktur," jelas Mendikbud.

Kapanpun dan dimanapun selama siswa terkoneksi dengan internet ia dapat merdeka dalam belajar di saat pandemi maupun pasca pandemi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...

Menerapkan Struktur Kontrol Percabangan Dalam Bahasa Pemrograman dan Membuat Kode Programnya

Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator KD pada KI pengetahuan Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan sederhana Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bertingkat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bersarang Indikator KD pada KI keterampilan Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat Membuat aplikasi percabangan sederhana Membuat aplikasi percabangan bertingkat Membuat aplikasi percabangan bersarang Tujuan Pembelajaran Dengan berdiskusi Siswa mampu Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan. Dengan berdiskusi Siswa mampu menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana , percabangan bertingkat dan percabanngan bersyarat. Dengan praktek membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana, percabangan bertingkat dan percabangan b...