Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran
IPK Pengetahuan
- Menjelaskan konsep class built-in dari kumpulan class dalam PBO.
- Menjelaskan prosedur pemanfaatkan class built-in dalam aplikasi PBO.
- Menerapkan langkah-langkah dalam pemanfaatan class built-in PBO
IPK Keterampilan
- Merancang program aplikasi berorientasi obyek dengan memanfaatkan class built-in
- Membuat kode program aplikasi berorientasi obyek yang memakai class built-in.
- Menguji program aplikasi berorientasi obyek dengan dukungan class built-in.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui kegiatan diskusi, menggali informasi, presentasi dan tugas praktek diharapkan peserta didik akan dapat :- Siswa dapat Menjelaskan konsep class built-in dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan benar.
- Siswa dapat Menjelaskan prosedur pemanfaatan class built-in dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik.
- Menerapkan prosedur pemanfaatan class built-in dalam pemrograman aplikasi berorientasi obyek dengan baik
- Siswa dapat merancang program aplikasi dalam dukungan class built-in
Materi Kegiatan Pembelajaran
Class Built in
~ Built in class adalah class-class yang secara langsung disediakan oleh java, user dapat langsung menggunakan tanpa perlu mendefinisikan sendiri.Import built in
class dengan menggunakan keyword import.
Buat instance dari class tersebut.
Scanner input=New Scanner (System.in);
Tanda titik digunakan oleh java sebagai pemisah antara instance dengan method/atribut.
input.nextLine();
Class String
String str=New String ("ini contoh
String");
String str="ini contoh String";
Method-Method dalam class String
- Equais
- Equais Ignorecase
- Compareto
- Substring
- Length
- Tolowercase
- Tolippercase
- Trim
- CharAt
- Index Of
Class StringBuffer, class ini serupa
dengan objek string, kecuali kenyataan bahwa objek String Buffer bersifat dapat
berubah atau dapat dimodifikasi, sedangkan pada object String bersifat konstan.
Class Math
Math
adalah class yang terdapat paket java. Yang berisi fungsi-fungsi matematika dan
konstanta penting dimatematika. class math.Class
yang dapat berisi method untuk menunjukkan perbedaan operasi matematika seperti
fungsi trigonometri dan logaritma.
Selama method-method ini semua static, kita dapat
menggunakannya tanpa memerlukan sebuah objek Math.
Contoh:
• Y= math.Cos
(PT/2);
• Y= math.Sqrt (16);
• Y= math.Pow (3.2);
• Y= math.abs (-3);
Ex:
Public class main{
Static void test(){
double d2= math.Sqrt (d1);
double d3= math.Pow (2.3);
System.out.println
("d2="+d2);
System.out.printlm
("d3="+d3);
}
Public Static void
main (String[]args) {
test();
}
}
Contoh Class Built In :
Class Math dan Class String.
Class Math adalah kelas yang berisi fungsi-fungsi matematika dan konstanta
penting dimatematika.
Class String
karena java tidak menyediakan variabel tipe primitive yang langsung mengakses
kumpulan karakter/kata maka disediakanlah class string.
Pseudecode :
String <nama_variabel> : "deklarasi";
String merupakan class namun demikian untuk string instansiasi dapat dilakukan
tanpa menyertakan new dan method constuktornya.
Seharusnya penulisan seperti ini :
String str = new string ("ini contoh string") ;
Cukup dituliskan :
String str = "ini contoh string" ;
public static void main(String[] args) {
char[] arr = {'a','b','c','d','e'};
String s1 = "Contoh string literal"; String s2 = new String(); String s3 = new String(arr); String s4 = new String(arr, 1, 3); String s5 = new String(s1);
System.out.println("s1: " + s1); System.out.println("s2: " + s2); System.out.println("s3: " + s3); System.out.println("s4: " + s4); System.out.println("s5: " + s5); } } |
Program komputer terdiri dari tiga komponen utama, yaitu: input, proses, dan output.
Input: nilai yang kita masukan ke programProses: langkah demi langkah yang dilakukan untuk mengelola input menjadi sesuatu yang berguna
Output: hasil pengolahan
Semua bahasa pemrograman telah menyediakan fungs-fungsi untuk melakukan input dan output.
Java sendiri sudah menyediakan tiga class untuk mengambil input:
- Class Scanner;
- Class BufferReader;
- dan Class Console.
Tiga class tersebut untuk
mengambil input pada program berbasis teks (console). Sedangkan untuk GUI menggunakan class
yang lain seperti JOptionPane dan inputbox pada form.
Sementara untuk outputnya,
Java menyediakan fungsi print()
, println()
, dan format()
.
Mengambil Input dengan Class Scanner
Scanner merupakan class yang menyediakan fungsi-fungsi untuk mengambil input dari keyboard.
Agar kita bisa menggunakan Scanner, kita perlu mengimpornya ke dalam kode:
importjava
.util
.Scanner
;
Lebih jelasnya…buatlah paket baru bernama pertemuan2 pada source packages.
Klik kanan pada souce packages, kemudian pilih new package:Kemudian isi nama paket dengan pertemuan2, lalu klik Finish:
Setelah itu, lanjutkan dengan membuat kelas (java class) baru di paket pertemuan2:
Berikan nama: DataKaryawan. Kemudian klik Finish:
Setelah itu, silahkan ikuti kode berikut ini:
packagepertemuan2
;
// mengimpor Scanner ke program
importjava
.util
.Scanner
;
public
class
DataKaryawan
{
public
static
void
main(
String
[]args
){
// deklarasi variabel
String nama
,alamat
;
int
usia
,gaji
;
// membuat scanner baru
Scanner keyboard
=new
Scanner(
System
.in
);
// Tampilkan output ke user
System
.out
.println("### Pendataan Karyawan PT. Petani Kode ###");
System
.out
.print("Nama karyawan: ");
// menggunakan scanner dan menyimpan apa yang diketik di variabel nama
nama
=keyboard
.nextLine();
// Tampilkan outpu lagi
System
.out
.print("Alamat: ");
// menggunakan scanner lagi
alamat
=keyboard
.nextLine();
System
.out
.print("Usia: ");
usia
=keyboard
.nextInt();
System
.out
.print("Gaji: ");
gaji
=keyboard
.nextInt();
// Menampilkan apa yang sudah simpan di variabel
System
.out
.println("--------------------");
System
.out
.println("Nama Karyawan: "+
nama
);
System
.out
.println("Alamat: "+
alamat
);
System
.out
.println("Usia: "+
usia
+" tahun");
System
.out
.println("Gaji: Rp "+
gaji
);
}
}
Perlu diperhatikan,
penggunakan fungsi untuk mengambil data bergantung dari tipe data yang
digunakan.
Misal, tipe datanya
adalah String,
maka fungsi atau method yang
dipakai adalah nextLine()
.
Begitu juga dengan tipe data
lain, Integer menggunakan nextInt()
, Double menggunakan nextDouble()
,
dsb.
Setelah selesai membuat
program, silahkan dijalankan. Klik kanan kemudian pilih Run File atau tekan
tombol [Shift]+[F6].
Mengambil Input dengan Class BufferReader
Class BufferReader
sebenarnya
tidak hanya untuk mengambil input dari keyboard saja.
Class
ini juga dapat digunakan untuk membaca input dari file dan jaringan.
Class
ini terletak di dalam paket java.io
.
Silahkan
diimpor untuk dapat menggunakan class BufferReader
.
importjava
.io
.BufferedReader
;
Silahkan buat class baru
bernama ContohBufferReader
,
kemudian isi dengan kode berikut ini.
packagepertemuan2
;
importjava
.io
.BufferedReader
;
importjava
.io
.IOException
;
importjava
.io
.InputStreamReader
;
publicclass
ContohBufferReader
{
public
static
void
main(
String
[]args
)throws
IOException
{
String nama
;
// Membuat objek inputstream
InputStreamReader isr
=new
InputStreamReader(
System
.in
);
// membuat objek bufferreader
BufferedReader br
=new
BufferedReader(
isr
);
// Mengisi varibel nama dengan Bufferreader
System
.out
.print("Inputkan nama: ");
nama
=br
.readLine();
// tampilkan output isi variabel nama
System
.out
.println("Nama kamu adalah "+
nama
);
}
}
Ternyata class BufferReader
tidak
bisa bekerja sendirian. Dia juga butuh teman yaitu: class InputStreamReader
dan
class IOException
.
Sekarang mari kita coba
jalankan programnya:
Perbedaan BufferReader
dengan Scanner
terlihat dari
fungsi atau method yang
dipakai.
Scanner
menggunakan next()
, sedangkan BufferReader
menggunakan readLine()
.
Lalu untuk tipe data
integer, BufferReader
menggunakan
fungsi read()
saja.
Hal ini dapat kita lihat dalam hint
autocomplete .
Tips:
Tekan Ctrl
+Spasi
saat menulis
kode untuk menampilkan hint
autocomplete .
Mengambil Input dengan Class Console
Class Console hampir sama dengan BufferReader. Dia juga menggunakan fungsi readLine() untuk mengambil input.Akan tetapi… Class ini hanya bisa digunakan di lingkungan console saja, seperti Terminal dan CMD.
Class Console tidak bisa digunakan langsung di Netbeans.
Maka dari itu, kita harus kompilasi secara manual.
Untuk menggunakan class ini, kita perlu mengimpornya terlebih dahulu.
import java.io.Console;
Mari kita coba…
Buatlah file baru bernama InputConsole.java dengan isi
sebagai berikut:
import java.io.Console; public static void main(String[] args) { int usia; Console con = System.console(); System.out.print("Inputkan nama: "); nama = con.readLine(); System.out.print("Inputkan usia: "); usia = Integer.parseInt(con.readLine()); System.out.println("Nama kamu adalah: " + nama); System.out.println("Saat ini berusia " + usia + " tahun"); } } |
Karena Console tidak memiliki nilai kembalian berupa integer untuk fungsi read().
Setelah itu, lakukan kompilasi melalui Terminal atau CMD. Buka terminal, kemudian masuk ke direktori tempat menyimpan kodenya.
Ketik perintah: javac InputConsole.java untuk melakukan kompilasi.
Setelah itu, ketik perintah java InputConsole untuk menjalankannya:
Menampilkan Output
Sekarang bagaimana dengan
outputnya?
Ada beberapa fungsi yang
sudah disediakan oleh Java:
1. Fungsi System.out.print()
2. Fungsi System.out.println()
3. Fungsi System.out.format()
Apa saja perbedaan dari
fungsi-fungsi tersebut?
Fungsi print() vs println()
Fungsi print() dan
println() sama-sama digunakan untuk menampilkan teks.
Lalu apa bedanya?
Fungsi print() akan menampilkan
teks apa adanya. Sedangkan println() akan menampilkan teks dengan ditambah
baris baru.
Mari kita coba dalam kode:
package eksperimen;
public class PrintVsPrinln { public static void main(String[] args) { System.out.print("ini teks yang dicetak dengan print()"); System.out.println("sedangkan ini teks yang dicetak dengan println()"); System.out.print("pake print() lagi"); } } |
Sekarang lihat hasil outputnya:

Menggabungkan String
Misalnya seperti ini:
Kita punya variabel
namaDepan dan namaBelakang:
String namaDepan =
"Petani";
String namaBelakang =
"Kode";
Kemudian kita ingin
menampilkannya dengan fungsi print(), maka kita hanya perlu memasukkannya ke
sana.
System.out.print(namaDepan);
System.out.print(namaBelakang);
Kode tersebut akan
menghasilkan: PetaniKode
Sebenarnya kita tidak perlu
menggunakan dua fungsi print(), karena kita bisa menggabungkannya dengan
operator +.
Contoh:
System.out.print(namaDepan
+ namaBelakang);
Agar ada spasi, tinggal
ditambahkan saja spasi:
System.out.print(namaDepan
+ " " + namaBelakang);
Format String
Sedangkan untuk
menggabungkan String yang lebih kompleks, kita bisa menggunakan fungsi
format().
Contoh:
package eksperimen; public class FormatString { public static void main(String[] args) { String namaDepan = "Petani"; String namaBelakang = "Kode"; System.out.format("Nama saya %s %s %n", namaDepan, namaBelakang); } } |
Perhatikan: di sana kita menggunakan simbol %s untuk mengambil nilai dari variabel di sampingnya. %s artinya string.
Selain %s, ada juga simbol
lain:
ü %d untuk desimal atau
angka;
ü %f untuk bilangan
pecahan;
ü %n untuk baris baru,
bisa juga pakai \n;
Komentar
Posting Komentar
Nuhun sudah komentar