Langsung ke konten utama

Java GUI Swing Event Handling Textfield

Java Swing

Java Swing merupakan library Java yang digunakan untuk menciptakan Graphic User Interface (GUI) yang berbasis cross platform atau OS independent.

Sejarah Swing

Internet Foundation Classes (IFC) merupakan library grafik untuk Java yang dikeluarkan pertama kali oleh Netscape Comminication Corporation pada 16 Desember 1996. Pada 2 April 1997, Sun Microsystems dan Netscape Comminication Corporation menggabungkan IFC dengan teknologi lain untuk membangun Java Foundation Classes.

Swing diperkenalkan sebagai mekanime mudah yang mana terdiri dari komponen "look dan feel" dalam sebuah aplikasi tanpa membuat perubahan pada substansi dalam pengkodean dari aplikasi.

Perkenalan tersebut didukung dengan “pluggable, look and feel” yang membuat komponen swing dapat digunakan dalam berbagai platform. swing merupakan bagian J2SE.
Komponen-komponen Swing dapat di klasifikasikan dalam tiga bagian, yaitu top level container, intermediate container dan komponen atomic (tunggal)

Container tingkat atas (top level) berfungsi untuk menyediakan ruang bagi komponen-komponen lainya. Container jenis ini terdiri dari JFrame, JWindow, JDialog, dan JApplet.
Container menengah adalah komponen (non top level) yang keberadaannya untuk menampung komponen lainnya, misal panel, tabbed dan tool bar

Komponen atomic berfungsi untuk menampilkan dan/atau menerima informasi. Komponen tunggal memiliki peran penting dalam menghasilkan antarmuka user. Contoh komponen atomic adalah text field, button dan label

Komponen-komponen Swing dapat di klasifikasikan dalam tiga bagian, yaitu top level container, intermediate container dan komponen atomic (tunggal)













/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package swingkuproject;

import java.awt.Dimension;
import java.awt.event.ActionEvent;
import java.awt.event.ActionListener;
import javax.swing.JButton;
import javax.swing.JFrame;
import javax.swing.JLabel;
import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.JTextField;
import javax.swing.SwingUtilities;

/**
 *
 * @author gus manz
 */
public class ContohTextFiedInput extends JFrame{

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    private JTextField fieldName;
    private JLabel labelPesan;
    private JButton tombolKirim;
    
    public ContohTextFiedInput(){
        buatTamplian();
        setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
        setSize(400,200);
        setLocationRelativeTo(null);
        setResizable(false);
        
    }
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        SwingUtilities.invokeLater(new Runnable() {

            @Override
            public void run() {
                new ContohTextFiedInput().setVisible(true);
            }
        });
    }

    private void buatTamplian() {
        JPanel panel = new JPanel();
        getContentPane().add(panel);
        
        JLabel label = new JLabel(" Nama Anda :");
        panel.add(label);
        JTextField fieldName = new JTextField();
        fieldName.setPreferredSize(new Dimension(150,27));
        panel.add(fieldName);
        
        tombolKirim = new JButton("Kirimkan");
        tombolKirim.addActionListener(new ActionListener() {

            @Override
            public void actionPerformed(ActionEvent e) {
              String name = fieldName.getText();
              if (name.isEmpty()){
                  labelPesan.setText("Anda belum memasukan Nama ");
              } else {
                  labelPesan.setText("Selamat Datang Kawanku :"+name);
              }
            }
        });
        panel.add(tombolKirim);
        
        labelPesan=new JLabel("Silahkan Masukan Nama Anda :");
        panel.add(labelPesan);
        
    }
    
}




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...

Menerapkan Struktur Kontrol Percabangan Dalam Bahasa Pemrograman dan Membuat Kode Programnya

Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator KD pada KI pengetahuan Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan sederhana Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bertingkat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bersarang Indikator KD pada KI keterampilan Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat Membuat aplikasi percabangan sederhana Membuat aplikasi percabangan bertingkat Membuat aplikasi percabangan bersarang Tujuan Pembelajaran Dengan berdiskusi Siswa mampu Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan. Dengan berdiskusi Siswa mampu menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana , percabangan bertingkat dan percabanngan bersyarat. Dengan praktek membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana, percabangan bertingkat dan percabangan b...