Langsung ke konten utama

Mengenal System Informasi

Apakah tujuan mengenal system informasi?

Tujuannya  sebagai langkah awal untuk mendefinisikan problem  pembuatan perangkat lunak.

Dunia TI bermula dari pencatatan yang bertujuan untuk membantu  manusia dalam menyediakan sarana yang berfungsi sebagai kepanjangan dari ingatan.

Perkembangan teknologi informasi tidak hanya sekedar pencatatan.  Sudah berkembang kearah kecerdasan buatan, pengolahan basis data/database  yang  terdistribusi  dan terintertegrasi.

Berawal dari pencatatan mengenal system informasi mak akan berujung  pada 3 bagian :

1. Pembuatan Modul-modul program
2. Standarisasi Data
3. Sistem informasi yang terpadu.

Menulis Definisi Problem/permasalahan

Pengertian definisi :
1. Penjelasan ringkas mengenai suatu arti dari suatu kata atau kalimat atau symbol.(Webster)
2. Membuat atau menentukan suatu batasan.
3. Merupakan tindakan untuk memperjelas atau menegaskan suatu pengertian tertentu.
4. Penjelasan mengenai sesuatu dengan menunjukan ciri cirinya

Pengertian problem/masalah
1. Suatu kondisi yang sulit yang membutuhkan solusi/pemecahan masalah.
2. Sumber dari masalah
3. Pertanyaan yang membutuhkan jawaban
4. Sesuatu yang akan diuji atau dibuktikan
5. Sesuatu yang harus dikerjakan

Pengertian problem dalam konteks rekayasa perangkat lunak adalah  suatu keadaan yang menggambarkan kondisi system informasi yang ada pada saat sekarang dengan segala problemanya untuk kemudian dibuatkan system infomasi yang  dibutuhkan.

Uraian dari definisi problem pada prakteknya meliputi hal-hal sebagai berikut :
1.  Uraian mengenai struktur  orgnisasi saat kini.
2.  Uraian mengenai system informasi saat ini.
3. Uraian mengenai system informasi dimasa yang akan dating.
4 Upaya yang harus untuk mengubah kondisi yang diharapkan
5. Memilah cara atau metoda untuk bagaimana mengerjakannya.
6. Memilih cara atau metode untuk menguji system informasi yang dibangun.

Definisi SKPL (system kebutuhan perangkat lunak) adalah kumpulan dokumen yang dihasilkan dari tahap atau kegiatan analisis system.

Sistem yang berinteraksi dengan sistem perangkat lunak meliputi:

1. Sistem basis data (database)
2. Aktor/pelaku yang berinteraksi langsung dengan system perankat lunak>
3. Perangkat lain yang berkomunikasi dengan basis data yang ada.
4. Sistem perangkat keras, yang mendukung system perangkat lunak.

Model yang untuk menggambarkan arsitektur  SPL di dalam dokumen SKPL adalah diagram  aliran data (data flow diagram) atau UML.

Data Flow Oriented (DFO)
Tokoh yang mengenalkan metode analisis dalam pengembangan  SPL adalah Edward  Yourdon, Tom de  Marco, Gene, Sarson.

Kerangka SKPL-DFO
0. Judul Dokumen SKPL
0.0. Halaman Judul
0.1. Kelengkapan dokumen

Daftar Isi.
1.  Deskripsi Umum SKPL  yg tdd :
     a. Pendahuluan
     b. Diagram konteks
     c.  Keterkaitan dokumen
2. Deskripsi Rinci
3. Deskripsi lingkungan pendukun SPL
4. Kondisi khusus, misalnya kegagalan aksess, pembatalan transaksi, transaksi khusus
5. Kinerja SPL yang diharapkan, misalnya :

Akurasi data, kemudahan verifikasi dan validasi, kemudahan mencari data
Analisis pendekatan DFO diawali dengan menyusun daftar kegiatan fungsional dari system pengolahan data, kemudian dilakukan dilakukan dekomposisi terhadap kegiatan fungsional tersebut menjadi  proses-proses pengeolahan data yang lebih rinci. Selanjtna diikuti dengan identifikasi data yang mengalir (data flow) dan menidentifikasi tempat dat (dat store)

ERD (entity relational diagram)

merupakan gambaran tempat data yang memerlukan memori eksternal yang dalam analisis model data dibuat/digambarkan untuk memudahkan analisis data dalam relasi antara data store.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...

Menerapkan Struktur Kontrol Percabangan Dalam Bahasa Pemrograman dan Membuat Kode Programnya

Indikator Pencapaian Kompetensi Indikator KD pada KI pengetahuan Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan sederhana Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bertingkat Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bersarang Indikator KD pada KI keterampilan Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat Membuat aplikasi percabangan sederhana Membuat aplikasi percabangan bertingkat Membuat aplikasi percabangan bersarang Tujuan Pembelajaran Dengan berdiskusi Siswa mampu Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan. Dengan berdiskusi Siswa mampu menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana , percabangan bertingkat dan percabanngan bersyarat. Dengan praktek membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat, percabangan sederhana, percabangan bertingkat dan percabangan b...