Langsung ke konten utama

Mengenal System Informasi

Apakah tujuan mengenal system informasi?

Tujuannya  sebagai langkah awal untuk mendefinisikan problem  pembuatan perangkat lunak.

Dunia TI bermula dari pencatatan yang bertujuan untuk membantu  manusia dalam menyediakan sarana yang berfungsi sebagai kepanjangan dari ingatan.

Perkembangan teknologi informasi tidak hanya sekedar pencatatan.  Sudah berkembang kearah kecerdasan buatan, pengolahan basis data/database  yang  terdistribusi  dan terintertegrasi.

Berawal dari pencatatan mengenal system informasi mak akan berujung  pada 3 bagian :

1. Pembuatan Modul-modul program
2. Standarisasi Data
3. Sistem informasi yang terpadu.

Menulis Definisi Problem/permasalahan

Pengertian definisi :
1. Penjelasan ringkas mengenai suatu arti dari suatu kata atau kalimat atau symbol.(Webster)
2. Membuat atau menentukan suatu batasan.
3. Merupakan tindakan untuk memperjelas atau menegaskan suatu pengertian tertentu.
4. Penjelasan mengenai sesuatu dengan menunjukan ciri cirinya

Pengertian problem/masalah
1. Suatu kondisi yang sulit yang membutuhkan solusi/pemecahan masalah.
2. Sumber dari masalah
3. Pertanyaan yang membutuhkan jawaban
4. Sesuatu yang akan diuji atau dibuktikan
5. Sesuatu yang harus dikerjakan

Pengertian problem dalam konteks rekayasa perangkat lunak adalah  suatu keadaan yang menggambarkan kondisi system informasi yang ada pada saat sekarang dengan segala problemanya untuk kemudian dibuatkan system infomasi yang  dibutuhkan.

Uraian dari definisi problem pada prakteknya meliputi hal-hal sebagai berikut :
1.  Uraian mengenai struktur  orgnisasi saat kini.
2.  Uraian mengenai system informasi saat ini.
3. Uraian mengenai system informasi dimasa yang akan dating.
4 Upaya yang harus untuk mengubah kondisi yang diharapkan
5. Memilah cara atau metoda untuk bagaimana mengerjakannya.
6. Memilih cara atau metode untuk menguji system informasi yang dibangun.

Definisi SKPL (system kebutuhan perangkat lunak) adalah kumpulan dokumen yang dihasilkan dari tahap atau kegiatan analisis system.

Sistem yang berinteraksi dengan sistem perangkat lunak meliputi:

1. Sistem basis data (database)
2. Aktor/pelaku yang berinteraksi langsung dengan system perankat lunak>
3. Perangkat lain yang berkomunikasi dengan basis data yang ada.
4. Sistem perangkat keras, yang mendukung system perangkat lunak.

Model yang untuk menggambarkan arsitektur  SPL di dalam dokumen SKPL adalah diagram  aliran data (data flow diagram) atau UML.

Data Flow Oriented (DFO)
Tokoh yang mengenalkan metode analisis dalam pengembangan  SPL adalah Edward  Yourdon, Tom de  Marco, Gene, Sarson.

Kerangka SKPL-DFO
0. Judul Dokumen SKPL
0.0. Halaman Judul
0.1. Kelengkapan dokumen

Daftar Isi.
1.  Deskripsi Umum SKPL  yg tdd :
     a. Pendahuluan
     b. Diagram konteks
     c.  Keterkaitan dokumen
2. Deskripsi Rinci
3. Deskripsi lingkungan pendukun SPL
4. Kondisi khusus, misalnya kegagalan aksess, pembatalan transaksi, transaksi khusus
5. Kinerja SPL yang diharapkan, misalnya :

Akurasi data, kemudahan verifikasi dan validasi, kemudahan mencari data
Analisis pendekatan DFO diawali dengan menyusun daftar kegiatan fungsional dari system pengolahan data, kemudian dilakukan dilakukan dekomposisi terhadap kegiatan fungsional tersebut menjadi  proses-proses pengeolahan data yang lebih rinci. Selanjtna diikuti dengan identifikasi data yang mengalir (data flow) dan menidentifikasi tempat dat (dat store)

ERD (entity relational diagram)

merupakan gambaran tempat data yang memerlukan memori eksternal yang dalam analisis model data dibuat/digambarkan untuk memudahkan analisis data dalam relasi antara data store.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fase Fase Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka SMK

Kurikulum ‘Merdeka’ membagi pendidikan   ke dalam beberapa fase  Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing fase: Fase A : Diperuntukkan bagi siswa kelas 1 dan 2 SD. Pada fase ini, fokusnya adalah pada pengembangan dasar-dasar literasi dan numerasi, serta pengenalan lingkungan sekitar. Fase B : Diperuntukkan bagi siswa kelas 3 dan 4 SD. Siswa mulai memperdalam literasi dan numerasi, serta mulai mengenal konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran seperti sains dan sosial. Fase C : Diperuntukkan bagi siswa kelas 5 dan 6 SD. Pada fase ini, siswa mulai mempelajari materi yang lebih kompleks dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mulai mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Fase D : Diperuntukkan bagi siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP. Siswa mulai mempersiapkan diri untuk pendidikan menengah atas dengan mempelajari materi yang lebih spesifik dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mengembangkan keterampilan akademik dan non-akademi...

TOKO ONLINE - Tahapan membuka jualan online

A. Persiapan  Hal hal yang peru disiapkan untuk  berjualan secara online, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda siapkan: Produk atau Layanan : Tentukan produk atau layanan apa yang ingin Anda jual. Pastikan ada permintaan di pasar dan produk Anda unik atau memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor. Riset Pasar : Pelajari tren pasar dan target audiens Anda. Pahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku konsumen yang menjadi target Anda. Platform Penjualan : Pilih platform penjualan online yang sesuai, seperti marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak), media sosial (Instagram, Facebook), atau website e-commerce sendiri. Branding dan Identitas Visual : Buat branding yang kuat, termasuk nama toko, logo, dan estetika visual yang konsisten. Hal ini membantu dalam membangun kepercayaan dan pengenalan merek. Konten Produk : Siapkan deskripsi produk yang menarik dan informatif, serta foto produk yang berkualitas tinggi. Konten yang baik dapat menarik perhatian dan meningkatkan k...

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...