Langsung ke konten utama

Kompetensi Dasar Pemodelan Perangkat Lunak

Kompetensi Dasar Pemodelan Perangkat Lunak


3.1. Memahami konsep pemodelan perangkat lunak .

4.1. Menyajikan beberapa karakteristik pemodelan perangkat lunak.

3.2. Memahami model proses pengembangan perangkat lunak

4.2. Menyajikan karakteristik berbagai metode pengembangan perangkat lunak.

3.3. Memahami rekayasa kebutuhan perangkat lunak.

4.3. Menyajikan hasil rancangan kebutuhan fungsionalitas sistem perangkat lunak

3.4. Memahami diagram aliran data (DFD).

4.4. Menyajikan hasil rancangan diagram aliran data

3.5. Memahami diagram hubungan antar entitas (ERD).

4.5. Menyajikan hasil rancangan hubungan antar entitas (ERD)

3.6. Memahami antar muka pengguna (user interface)

4.6. Menyajikan hasil rancangan antar muka pengguna (user interface)

3.7. Memahami arsitektur perangkat lunak

4.7. Menyajikan rancangan arsitektur perangkat lunak

3.8. Memahami konsep pemodelan berorientasi obyek (UML)

4.8. Menyajikan karakteristik pemodelan berorientasi obyek

3.9. Memahami kebutuhan sistem berorientasi obyek

4.9. Menyajikan hasil rancangan kebutuhan sistem berorientasi obyek.

3.10. Memahami alur kerja sistem berorientasi obyek

4.10. Menyajikan hasil rancangan alur kerja sistem berorientasi obyek

3.11. Memahami hubungan antar class dalam sistem berorientasi obyek

4.11. Menyajikan hasil rancangan hubungan antar class dalam sistem berorientasi obyek

3.12. Memahami interaksi antar obyek dalam sistem berorientasi obyek

4.12. Menyajikan hasil rancangan interaksi antar obyek dalam sistem berorientasi obyek.

3.13. Memahami siklus hidup obyek dalam sistem berorientasi obyek

4.13. Menyajikan hasil rancangan siklus hidup obyek dalam sistem berorientasi obyek

3.14. Memahami struktur atau hubungan antar komponen dalam sistem berorientasi obyek

4.14. Menyajikan hasil rancangan struktur atau hubungan antar komponen dalam sistem berorientasi obyek

3.15. Memahami dokumen laporan pengembangan sistem aplikasi berorientasi obyek

4.15. Menyajikan dokumen pengembangan aplikasi berorientasi obyek

Komentar

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar

Postingan populer dari blog ini

Fase Fase Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka SMK

Kurikulum ‘Merdeka’ membagi pendidikan   ke dalam beberapa fase  Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing fase: Fase A : Diperuntukkan bagi siswa kelas 1 dan 2 SD. Pada fase ini, fokusnya adalah pada pengembangan dasar-dasar literasi dan numerasi, serta pengenalan lingkungan sekitar. Fase B : Diperuntukkan bagi siswa kelas 3 dan 4 SD. Siswa mulai memperdalam literasi dan numerasi, serta mulai mengenal konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran seperti sains dan sosial. Fase C : Diperuntukkan bagi siswa kelas 5 dan 6 SD. Pada fase ini, siswa mulai mempelajari materi yang lebih kompleks dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mulai mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Fase D : Diperuntukkan bagi siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP. Siswa mulai mempersiapkan diri untuk pendidikan menengah atas dengan mempelajari materi yang lebih spesifik dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mengembangkan keterampilan akademik dan non-akademi...

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...