Langsung ke konten utama

Soal Algoritma Semester I

Soal Runtunan
1. Diketahui algoritma berikut ini

Algoritma Runtun1
Deskripsi
Read(A)
B <-0.5 * A + 15
C <- A * A -3
D <- B + C
Write(B,C,D)
Tentukan keluaran/output algoritma jika

A = 4 b. A = 6 c. A = -3

2. Terjemahkan algoritma soal no 1 ke dalam bentuk flowchart

3. Diketahui algoritma berikut ini

Algoritma Runtun2

Deskripsi
Read(A,B)
C <- 0.5 * (A + B)
D <- A * C - 3
E <- C + D
Write(C,D,E)
Tentukan keluaran algoritma jika masukan variabel A dan B masing-masing bernilai :
a. 5 dan 4
b. -2 dan 9
c. 3 dan 6

4. Terjemahkan algoritma no 3 ke dalam bentuk flowchart.

5. Buatlah teks algoritma dan flowchart yang menampilkan tulisan “Halo” sebanyak tiga kali

6. Setiap pegawai dalam perusahaan X mendapat penghasilan dari gaji pokok dan tunjangan. Besar tunjangan adalah 20% dari gaji pokok.

Selain itu penghasilan tersebut terkena pajak yang besarnya 5% dari penghasilan.

Buatlah algoritma menghitung penghasilan bersih pegawai dengan masukan gaji pokok.

7. Buatlah algoritma untuk menghitung luas segitiga sama sisi yang panjang sisi terpanjangnya sama dengan diameter sebuah lingkaran. Input : jari-jari lingkaran yang dimaksud!

8.  Andi 10 tahun lebih tua dari Ali. Ali lebih muda 5 tahun dari Ahmad. Usia Amir adalah setengah dari jumlah usia Andi dan Ahmad. Buatlah algoritma menghitung usia Andi, Ali dan Amir, dengan masukan/inputnya adalah usia Ahmad.

9. Berkaitan dengan soal no, 8. Tuliskan keluaran/output algoritma tersebut jika masukannya/inputnya :
a. 45
b. 28
c. 36

10. Buatlah algoritma untuk mengkonversi waktu dari satuan jam, menit ke dalam satuan detik.

== >> selamat dan semangat belajar ! <<======

Komentar

  1. Jawaban

    No.1 a

    Jika A = 4

    Read(A)

    artinya

    A = 5 (dibaca A = 5)

    B <-0.5 * A + 15
    B = -0.5 * 4 + 15 = -2 + 15 = 13

    C <- A * A -3
    C = - 4 * 4 - 3 = -16 - 3 = -19

    D <- B + C
    D = - 13 + -19 = -32

    Write(B,C,D)
    Tulis hasilnya atau Outputnya

    B = 13 C = -19 D = -32


    Silahkan dicoba sendiri untuk A=6 ataupun A=-3

    BalasHapus

Posting Komentar

Nuhun sudah komentar

Postingan populer dari blog ini

Fase Fase Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka SMK

Kurikulum ‘Merdeka’ membagi pendidikan   ke dalam beberapa fase  Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing fase: Fase A : Diperuntukkan bagi siswa kelas 1 dan 2 SD. Pada fase ini, fokusnya adalah pada pengembangan dasar-dasar literasi dan numerasi, serta pengenalan lingkungan sekitar. Fase B : Diperuntukkan bagi siswa kelas 3 dan 4 SD. Siswa mulai memperdalam literasi dan numerasi, serta mulai mengenal konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran seperti sains dan sosial. Fase C : Diperuntukkan bagi siswa kelas 5 dan 6 SD. Pada fase ini, siswa mulai mempelajari materi yang lebih kompleks dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mulai mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Fase D : Diperuntukkan bagi siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP. Siswa mulai mempersiapkan diri untuk pendidikan menengah atas dengan mempelajari materi yang lebih spesifik dan mendalam dalam berbagai mata pelajaran, serta mengembangkan keterampilan akademik dan non-akademi...

Soal dan Jawaban Pemrograman Java 1

I. ESSAY TERSTRUKTUR 1. Konsep dasar object (object Oriented) meliputi 3 hal, Sebutkan ! 2. Sebagai sebuah platform, Java terdiri atas dua bagian utama, yaitu sebagai ? 3. Sebutkan 3(tiga) arsitektur Java menurut Sun ? 4. Sebutkan minimal 3 atribut/data  yang melekat pada diri anda bila anda dipandang sebagai objek ? 5. Sebutkan minimal 3 method/"perilaku" yang melekat pada diri anda jika anda dipandang sebagai objek ? 6. Sebutkan 5 bagian dari bagan dasar program java ! (Catatan : hanya menyebutkan saja, detil bagiannya tak perlu dijelaskan ) 7. Untuk penulisan komentar beberapa baris pada program java supaya tidak akan diproses oleh ‘virtual mechine’, caranya adalah dengan memberikan tanda awal yaitu tanda a)….. dan diakhiri dengan tanda b)…., sedangkan komentar untuk satu baris dapat menggunakan tanda c) …. 8. Sebutkan 2(dua) kelompok “Error” dalam pemograman java? 9. Sebutkan minimal sepuluh buah katakunci bahasa java (Java Keyword) yang kalian ...

Soal Jawab Algoritma : Percabangan

Dalam suatu perhitungan, ditentukan bahwa nilai P = X + Y. Jika nilai P positif, maka lakukan operasi Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah algoritma atau flowchart untuk mencari nilai P dan Q Jawab: Yang menjadi input dalam perhitungan ini  adalah variabel X dan Y Proses perhitungannya adalah P = X + Y Kondisinya adalah jika P > 0 (P positif) maka hitung Q = X*Y jika P < 0 maka Q = X/Y Algoritma HitXY deklarasi X, Y, P, Q : Integer Deskripsi begin read(X,Y) P = X + Y if P > 0 then Q = X*Y if P < 0 then Q = X/Y Write(P,Q) end ja        Kasus 1 Jika variabel nilai X =  10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P awal adalah P =X + Y Jadi P= 10 +5 = 15 Maka hasil ahir : un  untuk Q adalah Q = X * Y yaitu 10 * 5 = 50 Kasus 2 Jika variabel nilai X =  -10 dan nilai Y = 5  Maka dari algoritma di atas  hasil atau keluaran : Rumus P aw...